Pemilihan umum RI 2019. (Foto: Antara).
Pemilihan umum RI 2019. (Foto: Antara).

Negara Asing Nilai Indonesia Sukses Gelar Pemilu Serentak

Internasional pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Marcheilla Ariesta • 18 April 2019 13:35
Jakarta: Indonesia dinilai sukses menggelar pemilihan presiden dan legislatif serentak. Pasalnya, pemilu serentak seperti ini baru pertama kali digelar di dunia.
 
Para duta besar asing di Indonesia mengucapkan selamat atas kesuksesan Indonesia. Menurut mereka, partisipasi masyarakat Indonesia dalam pemilu juga sangat besar.
 
"Selamat untuk Indonesia! Tingkat partisipasi pemilih Anda hari ini diperkirakan lebih dari 75 persen dari lima tahun lalu," kata Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Peter MacArthur di akun Twitter-nya, Rabu, 17 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kanada melihat pemilihan umum hari ini sebagai refleksi dari demokrasi yang menginspirasi dunia," imbuhnya.
 
Hal senada juga disampaikan Duta Besar Jerman untuk Indonesia Peter Schoof. Dia mengatakan Indonesia harus bangga menjadi negara demokrasi terbesar ketiga dunia.
 
"Banggalah menjadi negara demokrasi ketiga terbesar di dunia dan melihat baiknya organisasi di hari yang penting ini," terangnya.
 
Kedutaan Turki di Indonesia juga menyampaikan selamat atas kesuksesan pemilu RI. Menurut mereka, Indonesia berhasil menyelenggarakan pemilu yang aman dan damai.
 
Sementara itu, Menteri Luar Negeri Denmark, Anders Samuelsen mengatakan 17 April 2019 patut dijadikan hari penting untuk demokrasi.
 
"Selamat untuk negara demokrasi ketiga terbesar di dunia, Indonesia, yang menggelar pemilihan umum dengan damai dan sukses. Dengan 190 juta pemilih dan 245 ribu kandidat, hari ini diperingati sebagai hari penting untuk demokrasi," ungkapnya.
 
Indonesia berhasil menyelenggarakan pemilihan umum presiden dan legislatif serentak pada Rabu, 17 April 2019. Ini merupakan penyelenggaraan pemilu terbesar di dunia yang belum pernah terjadi di negara mana pun.
 
Pemilu 2019 ini menghadapkan dua pasangan calon presiden dan wakil presiden. Pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin unggul dalam quick count, dibanding lawannya, pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.
 
Rata-rata lembaga survei menyebutkan paslon 01 memimpin di angka 54 persen dan paslon 02 di angka 45 persen. Sementara surat suara yang sudah masuk sudah mencapai hampir 100 persen.
 
Untuk hasil lengkap hitung cepat dalam diakses melalui: https://www.medcom.id/quickcount

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif