Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik di kediamannya di Jakarta, Jumat 3 Mei 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)
Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik di kediamannya di Jakarta, Jumat 3 Mei 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)

Dubes Inggris Puji Pemberitaan Pemilu di Indonesia

Internasional indonesia-inggris pilpres 2019
Marcheilla Ariesta • 04 Mei 2019 09:38
Jakarta: Peran pers penting dalam demokrasi, termasuk di Indonesia. Demikian disampaikan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik yang memuji pemberitaan pers Tanah Air terkait pemilihan umum serentak bulan lalu.
 
Dubes Moazzam menilai Pemilu 2019 di Indonesia termasuk luar biasa, serta berjalan sukses, aman dan lancar.
 
"Walaupun pemilu berlangsung sukses, pasti banyak tantangan-tantangan lain dalam melaksanakan kegiatan liputan, melawan isu hoaks, berita palsu dan lainnya," kata Dubes Moazzam di kediamannya untuk merayakan Hari Kebebasan Pers Internasional, Jakarta, Jumat 3 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Dubes Moazzam, tema Hari Kebebasan Pers Internasional ini relevan dengan peristiwa penting di Indonesia. Tema kali ini adalah 'Peran Media dalam Pemilu dan Demokrasi.'
 
Dia menambahkan, pers yang baik merupakan penentu negara yang berhasil. Karenanya, perlu ada kampanye besar terkait kebebasan pers di seluruh penjuru dunia.
 
Inggris bekerja sama dengan Kanada akan menggelar konferensi gabungan mengenai kebebasan pers di London. Langkah ini dinilai penting sebagai kampanye untuk mempromosikan kebebasan pers.
 
Menlu Inggris berminat untuk melakukan sebuah kampanye untuk mempromosikan kebebasan pers. Kami berpikir salah satu keperluan tidak hanya untuk Indonesia tapi seluruh dunia," ungkapnya.
 
Sementara itu, Staf Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Gun Gun Siswadi, mengapresiasi acara yang dibuat Kedubes Inggris. Dia berharap agar insan pers melakukan upaya-upaya untuk menerapkan kebebasan pers.
 
Dia juga mengharapkan agar pers Indonesia bisa menjadi penangkal informasi-informasi palsu dan ujaran kebencian.
 
Baca:Dubes Inggris Tekankan Kebebasan Pers Penting untuk Demokrasi
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif