Kemenlu: Tak ada Komunikasi dengan Israel soal Visa
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir (Foto: Marcheilla Ariesta).
Jakarta: Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel dan hal tersebut berarti tak ada komunikasi diplomatik antara kedua negara. Hal ini sebagai tanggapan Kementerian Luar Negeri atas pencabutan larangan visa yang dilakukan Israel.
 
Baca juga: Waspada Berita Hoaks Indonesia Berikan Visa kepada Warga Israel.
 
"Tidak ada komunikasi diplomasi dengan Israel soal visa. Pencabutan larangan visa Indonesia oleh Israel baru saya dengar dari media dan pemberian visa adalah hak dari masing-masing negara," ucap Juru Bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir, di Jakarta, Kamis 28 Juni 2018.
 
Dia mengatakan Indonesia bisa saja memberikan visa kepada warga negara lain -yang tidak memiliki hubungan diplomatik- namun untuk kasus tertentu, misalnya berlibur. Meski demikian, ujar Arrmanatha, isu teknis ini ranahnya pihak imigrasi yang mengurus mengenai visa.
 
"Indonesia bisa memberikan visa sesuai ketentuan yang berlaku di sini. Pembahasan diplomasi mengenai visa dengan Israel tidak ada karena posisi kita jelas berdasarkan tidak adanya hubungan diplomatik Indonesia dan Israel," imbuh dia.
 
Beberapa media asing melaporkan adanya pembicaraan rahasia antara Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menlu Israel mengenai visa ini. Namun hal tersebut sudah dibantah Menlu Retno beberapa waktu lalu.
 
"Tidak pernah ada pembahasan rahasia mengenai visa, baik itu dengan orang-orang Kemenlu di Jakarta maupun perwakilan kita dengan Israel mengenai visa atau membuka hubungan diplomatik," tegasnya.
 
Sekitar sebulan lalu, Indonesia dan Israel saling melarang pemberian visa ke warga masing-masing negara yang ingin berkunjung. Tak adanya hubungan diplomatik menjadi alasannya.
 
Indonesia enggan membuka hubungan diplomatik dengan Israel karena masalah konflik Negeri Zionis dengan Palestina. Indonesia adalah salah satu negara yang benar-benar memperjuangkan kemerdekaan Palestina.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id