Menteri Kesehatan Publik Thailand Anutin Charnvirakul. (Foto: AFP/MLADEN ANTONOV)
Menteri Kesehatan Publik Thailand Anutin Charnvirakul. (Foto: AFP/MLADEN ANTONOV)

Pneumonia Misterius Asal Tiongkok Terdeteksi di Thailand

Internasional tiongkok pneumonia
Arpan Rahman • 14 Januari 2020 14:47
Bangkok: Seorang wanita berusia 61 tahun asal kota Wuhan di Tiongkok telah menjadi pasien pertama penyakit pneumonia misterius yang dikait-kaitkan dengan tipe baru virus penyakit SARS. Kementerian Kesehatan Publik Thailand mengatakan kondisi pasien tidak parah.
 
Menkes Thailand Anutin Charnvirakul mengatakan bahwa pihaknya telah mengimplementasikan sejumlah langkah di beberapa bandara untuk memeriksa semua orang yang datang kota Wuhan sejak 3 Januari.
 
Dirilis dari The Star, Selasa 14 Januari 2020, terdapat 12 pasien yang menunjukkan gejala seperti pneumonia misterius, tapi sebagian besar ternyata hanya mengalami flu musiman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Delapan pasien dengan demam tinggi terdeteksi di bandara Suvarnabhumi. Ia dirawat di ruangan terpisah di Institut Penyakit Menular Bamrasnaradura sejak 8 Januari.
 
Sebuah tes laboratorium pada 12 Januari menemukan adanya virus jenis baru dari varian Coronavirus di salah satu pasien. Otoritas Thailand mengatakan pasien itu telah sembuh, dan mengaku siap pulang ke Tiongkok.
 
Anutin meminta warga untuk tidak panik, dan meyakinkan bahwa Kemenkes Thailand mampu mengatasi krisis kesehatan apapun.
 
Wabah pneumonia misterius di Tiongkok sempat memicu kekhawatiran karena terkait dengan SARS, atau Sudden Acute Respiratory Syndrome (Sindrom Pernapasan Akut). SARS telah menewaskan 349 orang di Tiongkok, dan 299 di Hong Kong lebih dari satu dekade lalu.
 
Tiongkok dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sama-sama mengatakan wabah kali ini diakibatkan tipe baru dari Coronavirus. Wabah misterius ini pertama kali dikonfirmasi Tiongkok pada 31 Desember di Wuhan, seorang kota di wilayah pusat dengan populasi mencapai lebih dari 11 juta orang.
 
Komisi Kesehatan Kota Wuhan menyebut sebagian besar pasien wabah misterius ini adalah operator bisnis di sebuah pasar makanan laut di Wuhan. Pasar tersebut telah ditutup pada 1 Januari usai dinyatakan terjadinya wabah.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif