Kru kapal penangkapan ikan paus memeriksa harpun pelabuhan Ayukawa, Jepang, 10 September 2018. (Foto: AFP/KAZUHIRO NOGI)
Kru kapal penangkapan ikan paus memeriksa harpun pelabuhan Ayukawa, Jepang, 10 September 2018. (Foto: AFP/KAZUHIRO NOGI)

Mundur dari IWC, Jepang Akan Lanjutkan Berburu Paus

Internasional politik jepang jepang ikan paus
Willy Haryono • 26 Desember 2018 11:13
Tokyo: Jepang mengumumkan mundur dari Komisi Penangkapan Ikan Paus Internasional (IWC) dan akan melanjutkan penangkapan komersial mulai tahun depan, Rabu 26 Desember 2018. Langkah ini diyakini akan mendatangkan gelombang kritik internasional.
 
Pengumuman terbaru ini sudah diduga banyak orang karena Jepang gagal meyakinkan IWC untuk mengizinkan kelanjutan perburuan paus.
 
Baca:Jepang Lanjutkan Perburuan Ikan Paus di Antartika

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami memutuskan mundur dari IWC untuk melanjutkan penangkapan komersil mulai Juli tahun depan," ucap juru bicara Pemerintah Jepang Yoshihide Suga kepada awak media, seperti dikutip dari kantor berita AFP.
 
"Penangkapan ikan paus komersil akan dibatasi di perairan Jepang dan Zona Ekonomi Eksklusif. Kami tidak akan berburu di Antarktika atau wilayah selatan," lanjut dia.
 
Tokyo telah berulang kali mengancam mundur dari IWC, dan dikritik sejumlah pihak dari tahun ke tahun atas penangkapan ikan paus. Sejumlah pihak tidak memercayai Jepang yang mengaku menangkap paus untuk "riset ilmiah."
 
Suga mengatakan Jepang akan secara resmi menginformasikan IWC mengenai keputusan mundur pada akhir tahun ini. Nantinya, Jepang akan efektif keluar dari IWC pada 30 Juni.
 
Meninggalkan IWC akan membuat para penangkap ikan paus dapat melanjutkan berburu di perairan Jepang, Namun Jepang tidak akan lagi bisa melanjutkan "riset ilmiah" ikan paus di Antarktika, di mana sempat diizinkan IWC di bawah perjanjian Antarctic Treaty.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif