Tengku Maimun. (Foto: Bernama)
Tengku Maimun. (Foto: Bernama)

Tengku Maimun, Kepala Hakim Negara Wanita Pertama Malaysia

Internasional malaysia politik malaysia
Sonya Michaella • 03 Mei 2019 06:07
Kuala Lumpur: Tengku Maimun Tuan Mat diangkat sebagai kepala hakim negara yang baru, menggantikan Richard Malanjum yang pensiun pada 12 April lalu.
 
Pengangkatan ini sekaligus menjadikan Tengku Maimun wanita pertama di Malaysia yang memegang jabatan sebagai kepala hakim negara, per 2 Mei 2019.
 
Dilansir dari Malaysia Kini, Jumat 3 Mei 2019, penunjukan ini telah disetujui oleh Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong setelah menerima saran dan masukan dari Perdana Menteri Mahathir Mohamad, yang juga telah berkonsultasi dengan Dewan Penguasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum menjadi kepala hakim negara, Tengku Maimun pernah menjabat sebagai komisioner yudisial pada 2016, dan akhirnya diangkat menjadi hakim di Pengadilan Tinggi.
 
Dia kemudian dipromosikan ke Pengadilan Banding pada 2013 dan kemudian diangkat menjadi hakim Pengadilan Federal pada November 2018 lalu.
 
Menurut keterangan dari kantor PM Malaysia, upacara pengesahan akan disaksikan oleh Raja Malaysia dan juga dilaporkan ke Kepala Kantor Panitera Pengadilan Federal.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif