Seorang pria menggunakan masker saat berjalan di jalanan Yangon, Myanmar, 26 Juli 2017. (Foto: AFP/AUNG KYAW HTET)
Seorang pria menggunakan masker saat berjalan di jalanan Yangon, Myanmar, 26 Juli 2017. (Foto: AFP/AUNG KYAW HTET)

54 Warga Myanmar Tewas Akibat Flu Babi

Internasional flu babi
Willy Haryono • 16 Juli 2019 16:00
Yangon: Sedikitnya 54 orang di Myanmar meninggal akibat flu babi, setelah virus H1N1 penyebab penyakit tersebut menyebar ke sejumlah wilayah di negara itu sejak hampir satu bulan terakhir.
 
Kematian perdana akibat flu babi di Myanmar dilaporkan terjadi di kota Yangon pada 19 Juni. Phyu Phyu Aye, seorang staf bagian informasi Kementerian Kesehatan dan Olahraga Myanmar, melaporkan adanya tambahan enam korban tewas pada Senin 15 Juli.
 
"Yangon masih menjadi area yang terkena dampak terparah," tutur Aye kepada kantor berita Anadolu Agency, Selasa 16 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pasien positif H1N1 ditemukan di tiga wilayah lainnya. Jadi, wabah ini terjadi di enam wilayah," lanjutnya.
 
Menurut data Kemenkes Myanmar, 274 dari total 671 pasien terduga flu babi dinyatakan positif terjangkit virus H1N1. Total pasien tersebut berasal dari enam wilayah, yakni Yangon, Sagaing, Magway, Bago, Ayeyarwady dan Mon.
 
Kemenkes Myanmar mengatakan flu babi adalah salah satu jenis flu yang secara musiman hadir di negara tersebut sejak wabah global terjadi pada 2009.
 
Pada tahun itu, wabah yang memicu peringatan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) muncul di Meksiko dan Amerika Serikat (AS).
 
Sekitar 18,500 orang tewas akibat wabah tersebut. Peringatan wabah sudah dicabut WHO pada Agustus 2010, namun beberapa kasus masih terjadi dari tahun ke tahun.
 
Di Iran, flu babi telah menewaskan 112 orang dan membuat 1000 lainnya dirawat di rumah sakit sejak pertengahan November 2015.
 
Flu babi berbeda dari flu babi Afrika atau African Swine Fever. Flu babi Afrika tidak berbahaya bagi tubuh manusia, namun sangat menular untuk babi ternak maupun babi hutan.
 
Baca:FAO: Tiongkok dan Vietnam Musnahkan 3,7 Juta Babi
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif