NEWSTICKER
Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta

Dubes Tiongkok: Hitungan Bulan Vaksin Korona akan Ditemukan

Internasional Virus Korona tiongkok Coronavirus virus corona
Marcheilla Ariesta • 24 Februari 2020 18:36
Jakarta: Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian mengatakan ilmuwannya tengah mencari formula untuk menyembuhkan penyakit virus korona COVID-19. Dia berharap vaksin tersebut dapat ditemukan beberapa bulan ke depan.
 
Dubes Xiao mengatakan para doktor di Tiongkok telah menyadari ada beberapa obat yang menunjukkan keefektifan. Dia menambahkan pihaknya berusaha memperbaiki formula dan metode pengobatan virus korona tersebut.
 
"Saya tahu ini butuh waktu, ini virus baru, penyakit baru. Vaksin ini adalah cara paling efektif untuk mencegah infeksi tetapi membutuhkan waktu," tutur Xiao dalam diskusi di Bengkel Diplomasi, Jakarta, Senin 24 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, vaksin baru ini harus melalui prosedur yang sangat rumit. Namun, tambah dia, para dokter dan ilmuwan di Tiongkok membuat kemajuan di bidang ini.
 
"Kami sekarang melakukan tes pada hewan dan mudah-mudahan (penyempurnaanya) akan memakan waktu kurang dari satu tahun, mungkin dua atau tiga bulan ke depan," serunya.
 
Dia berharap dalam waktu dekat itu, vaksin sudah ditemukan dan dapat digunakan kepada mereka terinfeksi. "Terutama yang berada dalam kondisi kritis atau untuk penggunaan darurat," ujar Xiao.
 
Jumlah korban meninggal akibat virus korona COVID-19 terus bertambah. Komisi Kesehatan Nasional mengumumkan, Senin 24 Februari 2020, bahwa angka kematian akibat korona mencapai 2.592 di wilayah Tiongkok daratan.
 
Sementara untuk korban tewas di luar Tiongkok daratan, jumlahnya berkisar 20 jiwa. Korea Selatan telah mengumumkan tambahan korban tewas menjadi tujuh orang, sedangkan Italia mengonfirmasi empat kematian.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif