Menteri Tenaga, Teknologi, Sains, Perubahan Iklim dan Alam Sekitar Malaysia Yeo Bee Yin. (Foto: The Star)
Menteri Tenaga, Teknologi, Sains, Perubahan Iklim dan Alam Sekitar Malaysia Yeo Bee Yin. (Foto: The Star)

Malaysia Tawarkan Bantuan ke Indonesia Tangani Karhutla

Internasional kabut asap indonesia-malaysia
Sonya Michaella • 12 September 2019 11:08
Kuala Lumpur: Malaysia menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk menangani persoalan kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatra yang kabut asapnya mencapai Kuala Lumpur.
 
Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Zainal Abidin Bakar mengatakan, pesan ini disampaikan oleh Menteri Tenaga, Teknologi, Sains, Perubahan Iklim dan Alam Sekitar Yeo Bee Yin.
 
"Tawaran itu sudah disampaikan Menteri Yeo kepada Indonesia untuk membantu memadamkan kebakaran hutan," kata Zainal, dikutip dari Malaysia Kini, Kamis 12 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zainal juga mengatakan, Malaysia belum menerima nota protes apapun dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI terkait kebakaran hutan ini.
 
Dilansir dari Strait Times, Yeo dan sejumlah menteri lainnya sudah menegaskan kembali keprihatinan atas dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan Indonesia yang mencemari udara mereka.
 
Sarawak adalah negara bagian Malaysia yang paling terkena dampak. 500 ribu masker telah dikirim dari Kuala Lumpur ke negara bagian tersebut untuk menanggulangi efek kabut asap.
 
Indeks polusi udara di Sarawak mencapai tingkat sangat tidak sehat. Di samping itu, otoritas Indonesia telah mengerahkan 16 helikopter untuk membawa bom-bom air yang akan dijatuhkan ke sejumlah titik api di Kalimantan.
 
Sementara itu, Singapura juga mengklaim kualitas udara mereka mulai memasuki tingkatan tidak sehat akibat kabut asap yang ditimbulkan dari kebakaran lahan dan hutan di Indonesia.
 
Menurut Badan Lingkungan Hidup Nasional (NEA) Singapura, tingkat kualitas udara dapat menjadi tidak sehat bahkan memburuk apabila situasi kabut asap di Sumatra dan Kalimantan tidak segera teratasi.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif