Kemenlu sepakati kerja sama meningkatkan kapasitas UMKM dengan UGM, UII dan BRI. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Kemenlu sepakati kerja sama meningkatkan kapasitas UMKM dengan UGM, UII dan BRI. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta

Bali Democracy Forum 2019

Kemampuan UMKM Ditingkatkan, Bukti Demokrasi Makmurkan Rakyat

Internasional bali democracy forum
Marcheilla Ariesta • 05 Desember 2019 12:30
Jakarta: Sebanyak tiga nota kesepahaman (MoU) ditandatangani di sela perhelatan Bali Democracy Forum 2019. Tiga MoU tersebut ditandatangani antara Kementerian Luar Negeri dengan Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).
 
"MoU ini difokuskan untuk peningkatan kapasitas UMKM pelatihan dan pendidikan yang diberikan kepada negara-negara berkembang mitra Indonesia," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, di sela Bali Democracy Forum 2019, Kamis 5 Desember 2019.
 
Retno menambahkan, MoU ini adalah bentuk konkret untuk memastikan bahwa demokrasi berkontribusi langsung dalam pemajuan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. "Ini juga sebagai salah satu implementasi dari forum yang mengangkat tema inklusivitas ini," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri, Febrian A. Rudyard mengatakan, MoU tersebut sebagai salah satu cara untuk membuat inklusivitas ekonomi menjadi umum dalam pembahasan demokrasi.
 
"Jadi tidak lepas dari tagline tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), bahwa 'no one left behind' (tak ada yang ditinggalkan di belakang). Jadi ini upaya kita untuk me-mainstreaming-kan isu inklusivitas ekonomi dalam pembahasan Bali Democracy Forum (BDF).
 
Dalam Bali Democracy Forum ini akan ada diskusi mengenai inklusivitas ekonomi. Diskusi ini, ujar Febrian, bertujuan untuk memberikan keuntungan bagi masyarakat. "Kita mencoba saling memahami dan menarik pelajaran," imbuhnya.
 
Nantinya, tutur Febrian, akan ada tukar pengalaman dengan negara lain dan organisasi internasional seperti World Bank. Mereka akan memberi masukan dan saran mengenai model terbaik untuk menciptakan lingkungan mendukung yang membentuk ekonomi inklusif.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif