Pemimpin Korut, Kim Jong-un. (Foto: KCNA)
Pemimpin Korut, Kim Jong-un. (Foto: KCNA)

Kim Jong-un Ingin Denuklirisasi di Tahun 2019

Internasional korea utara nuklir korea utara Amerika Serikat-Korea Utara
Sonya Michaella • 02 Januari 2019 08:05
Pyongyang: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menyatakan keinginan kuatnya untuk merealisasikan denuklirisasi. Hal ini diucapkan Kim dalam pidato Tahun Baru 2019.
 
Namun, jika Amerika Serikat (AS) tak sabar, Kim bisa saja mencari "jalan baru".
 
"Saya siap untuk duduk lagi dengan Presiden AS Donald trump kapan saja untuk melakukan upaya yang ditunggu-tunggu masyarakat internasional," kata Kim, dikutip dari Strait Times, Rabu 2 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Kim Jong-un Kirim Surat Perdamaian untuk Trump
 
Ia menambahkan, hubungan bilateral dua negara akan membaik jika AS juga dapat mempercayai proses denuklirisasi yang sedang dilakukan Korut.
 
"Jika AS salah menilai proses ini dan memaksakan banyak hal kepada kami serta mempertahankan sanksi, kami tak segan untuk memilih jalan lain," ujar Kim lagi.
 
Kim juga mendesak AS untuk sepenuhnya menghentikan latihan militer bersama bersama Korea Selatan, yang kini sedang ditangguhkan.
 
Menanggapi pidato tahunan Kim tersebut, Trump menyambut dengan baik. Lewat Twitter, Trump menyebut Korut memiliki potensi ekonomi yang besar.
 
"Saya juga berharap untuk bertemu dengan Kim dan saya menyadari dengan baik bahwa Korut memiliki potensi ekonomi yang besar," tulis Trump.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif