Protes di Hong Kong. (Foto: AFP).
Protes di Hong Kong. (Foto: AFP).

Media Tiongkok: Hong Kong tak akan Ulangi Tiananmen

Internasional hong kong
Marcheilla Ariesta • 16 Agustus 2019 11:40
Beijing: Media pemerintah Tiongkok, Global Times, mengatakan tak akan ada pengulangan insiden Lapangan Tiananmen jika Beijing bergerak meredam protes pro-demokrasi Hong Kong.
 
"Insiden di Hong Kong tidak akan menjadi pengulangan insiden politik 4 Juni 1989. Tiongkok jauh lebih kuat dan dewasa, dan kemampuan untuk mengelola situasi kompleks telah sangat ditingkatkan," kata redaksional Global Times, dilansir dari Channel News Asia, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Surat kabar tersebut melaporkan Beijing telah memiliki metode lebih canggih untuk meredakan protes, dibanding 30 tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hong Kong mengalami 10 pekan kerusuhan sipil. Tuntutan yang diminta mulai dari mengubah Rancangan Undang-Undang (RUU) Ekstradisi, menjadi permintaan lebih banyak hak dan kebebasan.
 
Baca juga:Tindak Keras Hong Kong, Bisa Rusak Reputasi Tiongkok
 
Beijing sudah mengerahkan kendaraan militer ke provinsi yang berbatasan langsung dengan Hong Kong. Langkah ini memicu kekhawatiran pemerintah pusat Tiongkok akan mengintervensi -secara militer- di kota semi-otonom tersebut.
 
Gambar personel militer yang mengibarkan bendera dan kendaraan lapis baja di kota perbatasan Shenzhen. Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) John Bolton memperingatkan Beijing agar tidak membuat 'Lapangan Tiananmen' baru dalam menanggapi protes Hong Kong.
 
Sementara itu, Tiongkok telah berulang kali menyalahkan pasukan asing karena menimbulkan masalah di Hong Kong. Global Times menuliskan bahwa AS tidak akan dapat mengintimidasi Tiongkok menggunakan gejolak 30 tahun lalu.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif