Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Hitoshi Tanaka usulkan soft-security di Asia. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).
Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Hitoshi Tanaka usulkan soft-security di Asia. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).

Tokoh Jepang Usulkan Soft-Security di Kawasan Asia

Internasional indonesia-jepang
Sonya Michaella • 04 Juli 2019 12:40
Jakarta: Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Hitoshi Tanaka mengusulkan adanya soft-security di kawasan Asia. Pasalnya, banyak kekuatan dari negara di luar Asia yang begitu besar menguasai kawasan ini.
 
“Di masa depan, soft-security bisa diaplikasikan di kawasan Asia. Semua pihak dapat berkolaborasi, termasuk ASEAN,” kata Tanaka dalam sebuah seminar di CSIS, Jakarta, Kamis 4 Juli 2019.
 
“Ini berarti, transparansi ASEAN akan memfasilitasi soft-security di kawasan di mana akan lebih banyak pihak dan negara yang bekerja sama,” lanjut dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan negosiator Jepang-Korea Utara ini juga mengatakan, soft-security di Asia juga harus dilakukan bersama-sama dengan soft-collaborations, termasuk penanganan misil dan program anti-perompak di perairan.
 
Terkait soft-security, Tanaka berharap agar sistem ini dapat diaplikasikan antara Jepang dan Amerika Serikat, mengingat AS juga memiliki peran cukup besar di kawasan Asia.
 
“Jepang dan AS juga dapat mendukung satu sama lain yang juga harus didukung negara lain, yang di mana dapat menciptakan soft-security,” ucapnya.
 
Di isu kekuatan Tiongkok, Tanaka tak menampik bahwa Negeri Tirai Bambu ini akan semakin mendunia, terutama dalam ekonomi dan bidang keamanan. Namun, Tiongkok juga masih membutuhkan negara lain.
 

“Kita tidak bisa sendirian, apalagi menjalankan pengamanan di kawasan yang potensial seperti Asia. Pun Tiongkok masih membutuhkan Jepang dan sebaliknya,” tutur Tanaka.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif