Indonesia Kembali Ekspor Produk Otomotif ke Vietnam
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh. (Foto: Dok Kemlu RI)
Hanoi: Ekspor produk otomotif Indonesia akan kembali masuk ke Vietnam. Hal ini telah ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Bihn Mihn saat menerima kunjungan bilateral Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Pada akhir 2017, Pemerintah Vietnam mengeluarkan aturan yang membatasi impor otomotif. Dengan ketentuan ini, akses pasar ekspor produk otomotif Indonesia ke Vietnam sempat terhenti. 

"Saya senang ekspor produk otomatif Indonesia dapat kembali masuk pasar Vietnam. Produk otomatif merupakan salah satu ekspor terbesar Indonesia ke Vietnam,  yaitu mencapai sekitar USD293 juta pada tahun 2017," kata Menlu Retno, dalam keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri RI kepada Medcom.id, Selasa 17 April 2018. 


(Baca juga: Menlu RI-Vietnam Rundingkan ZEE Dua Negara)

Sebagai salah satu tetangga dekat Indonesia, kerja sama bilateral Indonesia-Vietnam dari tahun ke tahun terus berkembang pesat, khususnya setelah kedua negara menyepakati perjanjian kemitraan strategis pada 2013. Di bidang ekonomi, perdagangan kedua negara terus meningkat, mencapai USD6,8 miliar di 2017, atau meningkat sebesar 8,64 persen dari 2016. 

Peningkatan investasi dua arah juga terlihat. Berbagai capaian di bidang kerja sama ekonomi tersebut sejalan dengan target pada rencana aksi kemitraan strategis kedua negara untuk periode 2014-2018.

Kedua menlu menyepakati untuk segera mengembangkan sebuah rencana aksi baru untuk periode 2019-2023, sebagai sebuah penuntun sekaligus target kerja sama kedua negara dalam lima tahun ke depan. Rencana aksi ini akan diselesaikan pada bulan November 2018. 

"Saya mengharapkan rencana aksi baru dapat diselesaikan pada tahun 2018, dan memasukkan peluang-peluang baru, guna lebih memperkokoh sekaligus memperluas kerja sama bilateral Indonesia-Viet Nam," ungkap Menlu Retno. 

Beberapa sektor baru yang diusulkan Menlu Retno untuk masuk dalam rencana aksi baru tersebut antara lain industri pertahanan strategis, aquaculture, wisata laut, energi terbarukan dan industri kreatif. 



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id