Pertemuan pertama Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump di Hanoi, Vietnam, Kamis 28 Februari 2019. (Foto: The White House).
Pertemuan pertama Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump di Hanoi, Vietnam, Kamis 28 Februari 2019. (Foto: The White House).

Hari Ini, Pertemuan Puncak Trump-Kim Digelar

Internasional Amerika Serikat-Korea Utara
Sonya Michaella • 28 Februari 2019 08:02
Hanoi: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dijadwalkan akan bertemu hari ini di Hanoi, Vietnam. Mereka juga akan menandatangani beberapa kesepakatan.
 
Baca juga: Jabat Tangan Membuka Pertemuan Kim dan Trump.
 
“Presiden Trump dan Ketua Kim akan menandatangani sejumlah kesepakatan hari ini. Trump akan meninggalkan Hanoi nanti sore, kembali ke Washington,” sebut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri AS, Kamis 28 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rabu malam, 27 Februari 2019, Trump dan Kim telah bertemu untuk one-on-one meeting dan makan malam bersama. Namun, Trump meninggalkan makan malam terlebih dahulu.
 
Bertempat di Hotel Metropole Hanoi, Trump mengatakan bahwa hari ini, yang merupakan hari puncak pertemuannya dengan Kim, akan menjadi hari yang sangat sibuk.
 
“Besok (Kamis 28 Februari 2019) akan menjadi hari yang sangat sibuk. Saya senang dapat bertemu dengan Ketua Kim di Vietnam,” kata Trump, semalam.
 
Meski demikian, belum ada kepastian di mana pertemuan Trump dan Kim digelar. Hingga saat ini, ada dua tempat yang disinyalir akan menjadi tempat mereka bertemu, yaitu Hotel Metropole Hanoi dan Wisma Negara. Tak hanya lokasi, waktu pasti mereka bertemu pun belum diumumkan.
 
Baik Trump dengan Kim Jong-un sempat bertemu singkat selama 20 menit. Pertemuan dilakukan secara langsung dan ditemani oleh para penasihat terpercaya dari kedua pemimpin.
 
Baca juga: Melihat Potensi KTT Trump-Kim di Vietnam.
 
Mengenai pertemuan kedua dari para pemimpin itu, nada optimis terus terdengar. Kim Jong-un bahwa yakin akan mencapai hasil baik.
 
“Saya yakin hasil baik didapat dalam pertemuan kali ini yang tentunya bisa diterima oleh semua pihak,” ujar Kim Jong-un kepada Trump.
 
“Saya akan berupaya yang terbaik untuk mewujudkan hal tersebut,” tutur Kim, seperti dikutip dariAFP,Rabu, 27 Februari 2019.
 
Sementara Trump sendiri mengulang kembali pujian kepada Kim. Menurut Trump, Korea Utara memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Sebelumnya Trump menulis Tweet bahwa Korut memiliki potensi jika ‘sahabatnya’ Kim bersedia untuk membuang senjata nuklirnya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif