Pendiri JeM, Masood Azhar (kiri). (Foto: AFP/AAMIR QURESHI)
Pendiri JeM, Masood Azhar (kiri). (Foto: AFP/AAMIR QURESHI)

Pakistan Tangkap Puluhan Militan Terkait Bom Kashmir

Internasional india konflik india-pakistan pakistan konflik kashmir
Willy Haryono • 06 Maret 2019 11:47
Islamabad: Pakistan telah menangkap puluhan terduga militan terkait serangan bom bunuh diri di Kashmir yang kemudian memicu ketegangan dengan India. Dari deretan terduga militan, terdapat anak dan saudara dari Masood Azhar, pendiri grup Jaish-e-Mohammad (JeM).
 
JeM mengklaim bertanggung jawab atas bom bunuh diri di Kashmir yang menewaskan 40 personel paramiliter India pada 14 Februari. New Delhi menuduh Islamabad mendukung grup tersebut, namun Pakistan membantah keras.
 
"Sebanyak 44 terduga militan saat ini berada di dalam detensi pencegahan," kata sejumlah petinggi pemerintahan Pakistan, seperti dilansir dari kantor berita BBC, Rabu 6 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah Pakistan di bawah Perdana Menteri Imran Khan sempat menawarkan India untuk bersama-sama mengusut bom bunuh diri Kashmir. Namun India menolaknya, dan justru melancarkan serangan udara di Pakistan yang diklaim telah menghancurkan kamp pelatihan militan.
 
Satu hari setelah serangan, Pakistan balas memasuki wilayah India dan menembak jatuh pesawat jet tempur. Seorang pilot India sempat ditahan, namun dipulangkan oleh Pakistan beberapa waktu lalu. PM Khan menyebut pemulangan itu sebagai "gestur perdamaian" untuk menurunkan ketegangan.
 
Merespons perihal penangkapan terduga militan, Menteri Dalam Negeri Pakistan Azam Suleman Khan mengatakan kepada BBC bahwa jika tim investigasi menemukan "bukti kuat," maka mereka yang ditangkap akan diproses hukum. "Jika tidak ada bukti, maka akan dibebaskan," ungkapnya.
 
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), India, Inggris dan Amerika Serikat memasukkan JeM ke dalam daftar organisasi teror. Pakistan menegaskan penangkapan sejumlah orang terkait JeM ini terjadi bukan karena ada tekanan eksternal.
 
Beberapa dari puluhan terduga militan yang ditangkap ada dalam daftar buruan India terkait bom Kashmir. Di masa lalu, beberapa terduga militan pernah dijerat hukum di Pakistan, walau pada akhirnya dibebaskan.
 
Selasa kemarin, India mengklaim telah menembak jatuh sebuah pesawat tanpa awak atau drone Pakistan.
 
Kashmir telah menjadi sumber ketegangan India dan Pakistan sejak wilayah tersebut merdeka dari pemerintahan kolonial Inggris di tahun 1947. Kedua negara sama-sama mengklaim keseluruhan wilayah tersebut.
 
Baca:Pakistan Minta Iran Bantu Redakan Ketegangan dengan India
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif