Putra Mahkota Naruhito dalam sebuah kunjungan ke Paris, Prancis, 11 September 2018. (Foto: AFP/THOMAS SAMSON)
Putra Mahkota Naruhito dalam sebuah kunjungan ke Paris, Prancis, 11 September 2018. (Foto: AFP/THOMAS SAMSON)

Beragam Tantangan Menanti Naruhito di Era Baru Jepang

Internasional kaisar jepang
Arpan Rahman • 30 April 2019 14:32
Tokyo: Pada Rabu 1 Mei 2019 pagi waktu Jepang, seorang pria berumur 59 tahun akan menjalani sebuah seremoni dan menerima permata suci, pedang legendaris serta stempel rahasia yang akan menjadikannya Kaisar Naruhito. Naruhito akan menjadi kaisar ke-126 Jepang dalam satu garis keturunan yang tak pernah terputus.
 
Diwariskannya Harta Karun Kekaisaran atau Regalia kepada Naruhito akan menjadi penanda dimulainya satu tahun penuh seremoni, festival dan ritual keagamaan. Naruhito adalah pengganti sang ayah, Akihito -- kaisar pertama yang turun dari Takhta Krisantemum dalam 200 tahun terakhir sejarah kekaisaran Jepang pada Selasa 30 April.
 
Naiknya Naruhito sebagai kaisar akan menjadi titik balik penting bagi negara Jepang. Lahir di tahun 1960, Naruhito akan menjadi kaisar pertama yang berasal dari generasi pascaperang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu tantangan yang akan dihadapi Naruhito adalah menghadapi generasi baru kelompok konservatif di Jepang. Kelompok konservatif ini, yang salah satu tokoh utamanya adalah Perdana Menteri Shinzo Abe, ingin kembali menjadikan Jepang sebagai negara "normal."
 
Selama ini, PM Abe vokal menyuarakan agar konstitusi pascaperang Jepang direvisi. Konstitusi pascaperang ini mencopot hak Jepang untuk terlibat dalam konflik bersenjata, yang dipandang sebagai simbol pasifisme dan perdamaian.
 
Lewat revisi konstitusi, PM Abe ingin Pasukan Pertahanan Diri Jepang (SDF) menjadi lebih berperan dalam berbagai isu di kawasan dan kancah global.
 
"Terus terang saja, tidak ada pedoman pasti mengenai harus seperti apa seorang kaisar simbolik itu," kata Hidehiko Kasahara, seorang profesor ilmu hukum dari Universitas Keio.
 
"Menurut saya, mereka harus dapat menyesuaikan diri sesuai zaman," urainya, dikutip dari laman Financial Times, Selasa 30 April 2019.
 
Sebelum perang, seorang kaisar di Jepang memiliki kekuasaan absolut. Namun, konstitusi pascaperang membuat kaisar hanya bersifat simbolik dan tidak bisa ikut campur dalam urusan politik apapun.
 
Profesor Kasahara menyebut ada dua opsi mengenai peran ideal seorang kaisar Jepang. Pertama, menjadi semacam sosok pemandu moral masyarakat, yang mengeluarkan pernyataan jika negara bergerak ke arah yang tidak seharusnya. Kedua, menjadi sosok yang benar-benar netral, dan hanya berperan sebagai simbol kesatuan nasional.
 
Beragam Tantangan Menanti Naruhito di Era Baru Jepang
PM Jepang Shinzo Abe. (Foto: AFP/LARS HAGBERG)
 
Sistem kekaisaran Jepang telah berevolusi menuju opsi kedua Profesor Kasahara. Akihito dan istrinya, Michiko, sering berkeliling Jepang dan mengunjungi beberapa lokasi bencana alam sembari berbicara langsung dengan warga. Kedekatan Akihito dengan masyarakat Jepang ini telah membuat tingkat kepuasan publik terhadap dirinya mencapai 76 persen.
 
Dia juga telah beberapa kali mengunjungi situs perang seperti di Hiroshima, Nagasaki, Okinawa, Palau, Saipan dan Filipina. Dalam beberapa kunjungan itu, Akihito berulang kali mengutarakan "penyesalan mendalam" mengenai kejahatan perang yang dilakukan Jepang di masa lalu. Sikap Akihito tersebut bertentangan dengan beberapa politisi Jepang, termasuk PM Abe.
 
Naruhito juga pernah beberapa kali berkata mengenai pentingnya mengingat "secara benar" era perang di masa lalu. Namun berbeda dengan ayahnya, Naruhito tidak memiliki pengalaman langsung karena lahir setelah perang.
 
Sebagai kaisar baru nantinya, Naruhito harus berhati-hati saat bertindak atau menyampaikan pesan, terutama jika ada indikasi gerakan merevisi konstitusi pascaperang di kalangan politisi Jepang.
 
Tantangan lain bagi Naruhito adalah menjaga kesehatan istrinya, Masako, seorang diplomat lulusan Universitas Harvard. Masako menderita depresi karena ketatnya kehidupan di istana serta tekanan untuk melahirkan anak laki-laki. Selama ini, Masako jarang tampil di hadapan publik.
 
"Selama ini publik terbiasa melihat kaisar dan istrinya pergi bersama-sama ke banyak tempat," ucap Yasushi Kuno, seorang penyiar veteran yang telah meliput beragam hal seputar kekaisaran Jepang selama berdekade-dekade.
 
"Mungkin membutuhkan waktu, tapi publik nantinya juga akan terbiasa melihat mereka (Naruhito dan Masako) tidak selalu bersama," lanjutnya.
 
Beragam Tantangan Menanti Naruhito di Era Baru Jepang
Naruhito dan Masako. (Foto: AFP/Imperial Household Agency)
 
Naruhito juga nantinya harus memutuskan apakah akan mendorong isu perempuan sebagai calon pewaris takhta. Sesuai hukum di Jepang saat ini, anak perempuan Naruhito, Putri Aiko, tidak dapat mewarisi takhta. Takhta hanya bisa diwariskan ke adik laki-laki Naruhito, Fumihito, atau anak dari Fumihito, yakni Hisahito.
 
Sejumlah jajak pendapat mengindikasikan masyarakat Jepang mulai menerima kemungkinan perempuan menjadi pewaris takhta kekaisaran Jepang. Perubahan ke arah sana hampir terwujud sebelum Hisahito lahir, namun berakhir gagal karena ditentang keras kelompok konservatif Jepang.
 
"Di Jepang, takhta selalu diwariskan kepada laki-laki, bahkan sejak era Kaisar Jinmu. Sistem ini sebaiknya dipertahankan," kata Masato Muranushi, juru bicara kelompok konservatif Nippon Kaigi, yang memiliki dukungan luas dari partai penguasa, Partai Demokratik Liberal (LDP).
 
Jika sistem pewaris takhta ini ingin diubah, maka Naruhito sebaiknya mendorong hal tersebut sebelum Putri Aiko menikah. Jika sudah menikah, Putri Aiko harus meninggalkan keluarga kekaisaran sesuai hukum di Jepang saat ini.
 
Namun karena kehidupan seputar istana kekaisaran begitu ketat, Naruhito mungkin akan sulit untuk memutuskan apa yang dia inginkan untuk masa depan Aiko. Pada akhirnya, Naruhito mungkin hanya akan menjadi simbol negara seperti ayahnya.
 
Baca:Tugas Berat Calon Kaisar Jepang
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif