Kemenangan Oposisi Malaysia Belum Tentu Terjadi di Indonesia

Eko Nordiansyah 12 Mei 2018 17:06 WIB
Pemilu Malaysia 2018
Kemenangan Oposisi Malaysia Belum Tentu Terjadi di Indonesia
Peneliti Lembaga Ilmu Pendidikan Indonesia (LIPI) Adriana Elisabeth--Medcom.id/Eko Nordiansyah.
Jakarta: Kemenangan Mahathir Mohamad selaku oposisi dalam pemilu Malaysia belum tentu akan 'menular' di Indonesia. Kemenangan Mahathir hanya menjadi 'angin segar' di Indonesia.

"Kalaupun itu (kemenangan oposisi) terjadi di kita tidak akan terjadi sedramatis yang di Malaysia," kata Peneliti Lembaga Ilmu Pendidikan Indonesia (LIPI) Adriana Elisabeth ditemui usai diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 12 Mei 2018.

Dirinya menambahkan, kemenangan oposisi di Malaysia lebih dipengaruhi oleh ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintah sebelumnya. Bahkan dugaan korupsi yang melibatkan Najib menyebabkan sosok Mahathir yang telah berusia 92 tahun kembali terpilih.


"Kalau di sana kan ada kasusnya Najib dengan korupsinya yang luar biasa. Ini tidak bisa dikontekskan sama dengan di Indonesia. Kalaupun di Indonesia (oposisi) menang, itu tidak akan sama dengan apa yang tejadi di Malaysia," ungkapnya.

Baca: Faktor Usia, Mahathir Diragukan Jadi Pemimpin Karismatik

Menurut Adriana, apa yang sedang dilakukan Presiden Joko Widodo adalah mengarah kepada Indonesia yang lebih baik. Meski ada kekurangan, itu bukan berarti pemerintahan Jokowi tidak bisa kembali memenangkan pemilu atau bahkan dikalahkan oleh oposisi.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah, mulai dari pembangunan infrastruktur hingga reformasi birokrasi yang dilakukan menuju arah yang lebih baik. Apalagi jika dibandingkan dengan era pemerintahan sebelumnya, maka bisa dikatakan Jokowi lebih baik.

"Kita (sistem pemerintahan) sudah terbuka, beda yang terjadi di sana (Malaysia). Kritik masih sangat banyak tapi kita harus fair juga secara fisik berapa banyak proyek yang dibangun di era sekarang ini dibandingkan dengan era pemerintahan sebelumnya," pungkasnya.




(YDH)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360