Presiden AS Donald Trump (kiri) berjabat tangan dengan PM Jepang Shinzo Abe di Tokyo, 27 Mei 2019. (Foto: AFP/YOSHIKAZU TSUNO)
Presiden AS Donald Trump (kiri) berjabat tangan dengan PM Jepang Shinzo Abe di Tokyo, 27 Mei 2019. (Foto: AFP/YOSHIKAZU TSUNO)

Trump Sebut AS dan Korut Saling Menghormati

Internasional amerika serikat as-jepang
Willy Haryono • 27 Mei 2019 12:47
Tokyo: Presiden Donald Trump mengklaim ada "rasa saling menghormati" yang mendalam antara Amerika Serikat dengan Korea Utara. Ia memprediksi "berbagai hal yang baik" akan berlangsung antar kedua negara, meski Pyongyang belum lama ini melakukan uji coba misil jarak pendek.
 
"Secara pribadi, saya rasa akan ada hal-hal baik yang akan terjadi dengan Korut di masa mendatang. Saya merasakan hal itu. Saya bisa jadi benar, tapi mungkin saja salah. Yang jelas, saya merasakannya," ungkap Trump di awal dialog bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Tokyo, Senin 27 Mei 2019.
 
"Ada rasa saling menghormati, mungkin semacam penghormatan mendalam yang telah terbangun antara Amerika Serikat dengan Korea Utara," sambung dia, dikutip dari laman AFP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pernyataan Trump disampaikan meski Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton menilai uji coba misil jarak pendek Korut merupakan sebuah pelanggaran. Bagi Trump, peluncuran semacam itu bukan pelanggaran karena yang ditembakkan Korut hanyalah "senjata-senjata kecil."
 
Selain soal Korut, Trump dan PM Abe akan fokus membicarakan perdagangan dan berbagai isu global lainnya termasuk ketegangan dengan Iran. PM Abe dikabarkan menawarkan diri menjadi seorang mediator dan mewacanakan berkunjung ke Iran.
 
Mengeluarkan pernyataan untuk menurunkan ketegangan dengan Iran, Trump mengaku masih tetap terbuka untuk berdialog.
 
"Saya yakin Iran juga ingin berdialog. Dan jika mereka memang ingin berbicara, maka kami juga siap melakukannya," tutur Trump.
 
"Tidak ada yang mau melihat hal-hal buruk terjadi, terutama saya," tambah dia.
 
Mengenai hubungan dengan Jepang, Trump mengklaim kerja sama Washington dengan Tokyo saat ini berada dalam kondisi baik. Namun kedua negara masih terlibat negosiasi alot mengenai perdagangan, dan Trump pernah berkata pada Senin kemarin bahwa warga AS merasakan adanya "ketidakseimbangan besar" dalam urusan dagang dengan Jepang.
 
"Masalah ini akan diselesaikan. Kita akan menyeimbangkan perdagangan ini secepatnya," ungkap Trump saat bersama PM Abe.
 
Sebelum dialog bilateral, Trump dan istrinya, Melania telah bertemu Kaisar Naruhito bersama Permaisari Masako di Istana Tokyo pada Senin pagi.
 
Baca:Trump Bertemu Kaisar Naruhito di Istana Tokyo
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif