Pasukan keamanan di dekat puing mobil yang hancur akibat ledakan bom di Kabul, Afghanistan. Foto: AFP
Pasukan keamanan di dekat puing mobil yang hancur akibat ledakan bom di Kabul, Afghanistan. Foto: AFP

Ledakan Mobil Landa Kabul, Tujuh Orang Tewas

Internasional ledakan bom afghanistan
Fajar Nugraha • 13 November 2019 14:56
Kabul: Setidaknya tujuh orang tewas dan tujuh lainnya luka-luka ketika sebuah bom mobil meledak pada jam sibuk pagi hari di Kabul, Afghanistan, Rabu, 13 November 2019.
 
Juru Bicara Pemerintah Afghanistan Nasrat Rahimi mengatakan, bom itu meledak di sebuah lingkungan yang dekat dengan kementerian dalam negeri dan utara bandara Kabul.
 
“Seluruh korban tewas adalah warga sipil. Ini adalah informasi awal, lebih detail nanti," ujar Rahimi, seperti dikutip AFP, Rabu, 13 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebuah sumber di kementerian dalam negeri mengatakan, ledakan itu diledakkan oleh seorang pembom bunuh diri di dalam mobil. Diduga ledakan itu menargetkan konvoi kendaraan pemerintah di jalan utama.
 
Ledakan terjadi satu hari setelah Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengumumkan bahwa Kabul akan membebaskan tiga tahanan Taliban tingkat tinggi dalam pertukaran tahanan dengan sandera Barat yang diculik oleh kelompok militan itu pada 2016.
 
Tiga tahanan Taliban termasuk Anas Haqqani, yang ditangkap pada 2014 dan yang kakak lelakinya adalah wakil pemimpin Taliban dan kepala jaringan Haqqani, afiliasi Taliban yang terkenal.
 
Ghani tidak merinci nasib para sandera Barat yang diketahui sebagai warga negara, Australia dan Amerika Serikat. Keduanya adalah profesor di Universitas Amerika di Kabul - dan tidak jelas kapan atau di mana mereka akan dibebaskan.
 
“Saya berharap keputusan itu akan membantu ‘membuka jalan’ bagi dimulainya pembicaraan langsung tidak resmi dengan Taliban,” pungkas Presiden Ghani.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif