Menlu Retno Marsudi bersama dengan Presiden Joko Widodo. Foto: AFP.
Menlu Retno Marsudi bersama dengan Presiden Joko Widodo. Foto: AFP.

Kemenlu Ikuti Arah Jokowi Terkait Penggabungan Kementerian

Internasional kemenlu kabinet jokowi
Sonya Michaella • 15 Agustus 2019 15:09
Jakarta: Wacana Presiden RI Joko Widodo untuk menggabungkan dua kementerian semakin santer menjelang pengumuman menteri kabinet baru 2019-2024. Salah satunya adalah Kementerian Luar Negeri akan berubah menjadi Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Internasional.
 
Baca juga: Kabinet Jokowi-Ma'ruf Telah Rampung.
 
Plt Juru Bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah mengatakan, Kemenlu saat ini masih mengikuti arah kebijakan ke depan terkait perubahan kementerian dari Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Apa yang disampaikan secara terbuka oleh presiden bisa jadi persiapan-persiapan internal sampai adanya pengumuman resmi. Kami tentu akan lakukan penyesuaian,” kata Faiza dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis 15 Agustus 2019.
 
Faiza menambahkan, jika memang nantinya Kemenlu akan berubah struktur menjadi Kemenlu dan Perdagangan Internasional, tentu Kemenlu akan melakukan penyesuaian terkait.
 
“Kita juga pernah beberapa kali mengalami restrukturisasi. Jadi di internal Kemenlu juga ada seperti itu, namun tetap melalui proses yang pasti terkait dengan kementerian-kementerian lain,” ungkap dia.
 
Baca juga: Penentuan Kabinet Jokowi Penting Demi Capai Target Ekonomi.
 
Meski demikian, Jokowi masih enggan membeberkan secara pasti kementerian mana saja yang akan dilebur atau kementerian bentukan baru.
 
Selama menjabat sebagai Presiden 2014-2019, Jokowi telah menggabungkan beberapa kementerian antara lain, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, hingga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif