Kabinet kerja pemerintahan Presiden Jokowi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)
Kabinet kerja pemerintahan Presiden Jokowi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Penentuan Kabinet Jokowi Penting Demi Capai Target Ekonomi

Ekonomi pertumbuhan ekonomi kabinet jokowi kabinet kerja
Eko Nordiansyah • 15 Agustus 2019 12:25
Jakarta: Pemilihan kabinet yang akan membantu Presiden Joko Widodo dinilai akan menjadi kunci dalam mencapai target ekonomi 2020.
 
Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Piter Abdullah mengatakan pilihan kabinet Jokowi jilid 2 akan sangat menentukan.
 
"Akan sangat bergantung kebijakan dan program yang diambil pemerintah. Serta yang lebih penting lagi siapa yang akan ditunjuk untuk melaksanakan strategi dan program tersebut," kata Piter kepada Medcom.id di Jakarta, Kamis, 15 Agustus 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahun depan, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 sampai dengan 5,5 persen. Menurut Piter target yang cukup tinggi ini tidak akan mudah dicapai karena berbagai tantangan yang akan dihadapi.
 
"Target ini tidak mudah karena kondisi ekonomi global yang melambat yang menyebabkan harga komoditas andalan ekspor Indonesia tertahan di level rendah," jelas dia.
 
Tak hanya itu, perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok juga akan memengaruhi kondisi global. Bahkan saat ini terjadi perang nilai tukar yang mengakibatkan Indonesia potensial menjadi sasaran barang impor dari negara-negara seperti Tiongkok.
 
Sementara di dalam negeri, defisit transaksi berjalan, dan defisit neraca perdagangan masih menjadi tantangan. Oleh karena itu, dibutuhkan orang-orang yang tepat guna membantu Presiden Jokowi mencapai target yang telah ditetapkan.
 
"Dalam kondisi seperti itu mencapai pertumbuhan ekonomi 5,2 sampai dengan 5,5 persen menjadi sangat tidak mudah," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif