Ledakan di sebuah pabrik kimia di kota Yancheng juga menghancurkan beberapa bangunan di sekitarnya pada Kamis 21 Maret 2019. (Foto: AFP/STR)
Ledakan di sebuah pabrik kimia di kota Yancheng juga menghancurkan beberapa bangunan di sekitarnya pada Kamis 21 Maret 2019. (Foto: AFP/STR)

Korban Ledakan Pabrik di Tiongkok Jadi 64 Orang

Internasional tiongkok ledakan tiongkok
Arpan Rahman • 24 Maret 2019 14:41
Beijing: Korban tewas dalam ledakan di sebuah pabrik kimia di Tiongkok melonjak menjadi 64 orang pada Sabtu 23 Maret. Namun petugas penyelamat berhasil menemukan satu korban selamat dari daftar puluhan orang yang dinyatakan hilang.
 
Ledakan di pabrik kimia di kota Yancheng itu terjadi pada Kamis 21 Maret, yang menewaskan puluhan orang dan melukai ratusan lainnya. Ledakan juga menghancurkan sebuah taman industri.
 
Dinas pemadam kebakaran setempat berhasil menarik seorang pria berusia 40-an tahun dari puing pabrik yang hancur berkeping-keping. Korban selamat langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wali Kota Yancheng, Cao Lubao, mengatakan bahwa petugas penyelamat masih mencari 28 orang yang dinyatakan hilang di area ledakan.
 
"Identitas korban tewas dan hilang sedang berusaha dikonfirmasi melalui wawancara dengan pihak keluarga, kunjungan langsung ke rumah yang bersangkutan dan tes DNA," kata Cao, seperti disitat dari Channel News Asia, Minggu 24 Maret 2019.
 
Menurut keterangan pemerintah kota Yancheng, lebih dari 600 orang dirawat di rumah sakit akibat luka terkena ledakan. Dari 600 orang, 73 terluka parah dan 21 dalam kondisi kritis.
 
Sejumlah bangunan di dekat pabrik kimia juga ikut runtuh terkena imbas ledakan. Api besar berkobar sepanjang malam di hari kejadian, sementara para petugas penyelamat mencari korban tewas maupun luka di antara reruntuhan pabrik.
 
Ratusan petugas dikerahkan ke lokasi kejadian, dan sekitar 4.000 orang telah dievakuasi dari area pabrik tersebut.
 
Kuatnya ledakan, yang bahkan memicu gempa bumi berskala rendah, memecahkan banyak kaca jendela dan merusak pintu garasi dari beberapa bangunan yang berjarak empat kilometer dari lokasi.
 
Warga sekitar lokasi -- banyak dari mereka sudah lanjut usia -- terlihat menyapu serpihan kaca di sekitar rumah mereka. Ada pula beberapa yang meninggalkan rumah mereka karena sudah rusak. Pemerintah kota Yancheng menyebut sekitar 89 rumah rusak parah akibat ledakan.
 
Kecelakaan industri mulai dari kebakaran pabrik hingga bencana pertambangan sering terjadi di Tiongkok. Salah satu penyebabnya adalah standar keselamatan yang buruk dalam dunia kerja.
 
Pada November 2018, setidaknya 22 orang tewas dan 22 lainnya terluka ketika sebuah kendaraan yang membawa bahan kimia meledak di Zhangjiakou utara. Pada Juli tahun yang sama, 13 orang tewas setelah ledakan di pabrik kimia di barat daya Sichuan.
 
Kecelakaan terbesar dalam beberapa tahun terakhir adalah ledakan Agustus 2015 di Tianjin, yang menewaskan lebih dari 160 orang dan melukai hampir 1.000 orang.
 
Baca:Ratusan Ton Sianida Ada di Lokasi Ledakan Tianjin
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif