Ilustrasi kebakaran. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi kebakaran. (Foto: Medcom.id)

Wihara Situs Warisan Budaya UNESCO di Tibet Terbakar

Internasional kebakaran tibet
Willy Haryono • 18 Februari 2018 10:20
Beijing: Salah satu situs paling suci bagi umat Buddha di kawasan Tibet terbakar pada Sabtu 17 Februari 2018. Wihara bernama Jokhang ini merupakan salah satu dari situs warisan dunia UNESCO.
 
Kantor berita Xinhua melaporkan, api muncul sekitar pukul 18.40 waktu setempat. Jokhang adalah Wihara yang dibangun sejak lebih dari 1.300 tahun lalu di jantung area Lhasa.
 
"Api dengan cepat dipadamkan. Tidak ada korban jiwa, dan aktivitas kembali normal," lapor surat kabar Tibet Daily.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Serangkaian foto di media sosial memperlihatkan api berkobar yang memicu kepulan atap dari bagian atap wihara.
 
Namun di Twitter, aplikasi media sosial yang diblokade di Tiongkok, warga TubetTibet menyebut foto dan konten mengenai kebakaran itu dengan cepat disensor pemerintah.
 
Robert Barnett, seorang pakar Tibet dari London, menyebut bahwa beberapa sumber di Lhasa mengklaim "polisi mengancam siapapun yang mengunggah foto tidak resmi mengenai kebakaran."
 
Kebakaran terjadi saat warga Tibet merayakan Losar, perayaan Tahun Baru Tibet yang dimulai pada Jumat 16 Februari. Perayaan ini berbarengan dengan Tahun Baru Imlek.
 
Tiongkok menguasai Tibet sejak era 1950-an, dan dituduh berusaha menghilangkan budaya berbasis Buddha melalui represi politik dan agama. Beijing berkukuh warga Tibet menikmati kebebasan yang bersifat luas.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif