Menlu Retno Marsudi menyampaikan keterangan untuk awak media di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu 20 Mare 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)
Menlu Retno Marsudi menyampaikan keterangan untuk awak media di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu 20 Mare 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)

Outlook ASEAN soal Indo-Pasifik Diapresiasi Negara Mitra

Internasional indo-pasifik Indo Pasifik
Sonya Michaella • 20 Maret 2019 22:02
Jakarta: An ASEAN's Indo-Pacific Outlook diapresiasi sejumlah negara mitra yang hadir di forum High Level Discussion on Indo-Pacific Cooperation. Negara-negara tersebut antara lain Amerika Serikat, Tiongkok, Korea Selatan, India, Australia, Selandia Baru, Jepang dan Rusia.
 
"Inisiatif ASEAN untuk menyusun outlook tersebut diapresiasi negara peserta. Outlook ini nantinya akan menjadi rujukan kerja sama di Asia Pasifik," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Jakarta, Rabu 20 Maret 2019.
 
ASEAN yang berada di tengah Samudera Hindia dan Samudera Pasifik dianggap telah memberikan kontribusi yang cukup besar. Sentralitas ASEAN sangat dihargai dan diakui.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari semua negara yang hadir, mereka bersemangat untuk meningkatkan kerja sama menjaga stabilitas dan kesejahteraan kawasan. Ditekankan pula pentingnya sinergi dengan berbagai konsep Indo Pasifik yang ada," tutur Menlu Retno.
 
Ia menambahkan, kemitraan adalah salah satu kunci konektivitas di konsep Indo-Pasifik ini. Nantinya, konsep ini akan berguna untuk pengembangan kapasitas dalam kerangka regional.
 
"Satu langkah yang telah diambil Indonesia adalah menyinergikan prinsip-prinsip yang ternyata sama dimiliki oleh para negara yang hadir," ujarnya lagi.
 
Indonesia, ucapnya, akan terus meneruskan kerja sama dengan ASEAN dan negara-negara yang hadir untuk melanjutkan kinerja menyusun konsep Indo-Pasifik, tentu juga dengan bantuan keketuaan Thailand tahun ini.
 
Baca:JK: Indo Pasifik Harus Berkontribusi terhadap Isu Global
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif