Jokowi: Ulama Berperan Penting bagi Perdamaian Dunia
Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) tentang Wasathiyah Islam di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa 1 Mei 2018. (Foto: Antara).
Bogor: Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya ulama sebagai teladan umat Islam. Keterlibatan ulama dalam membangun gerakan wasatiyyah atau jalan tengah bagi dunia sangat penting.
 
(Baca: Pesan Toleransi Presiden Jokowi saat Buka KTT Ulama se-Dunia).
 
"Keterlibatan para ulama menjadi sangat penting karena ulama adalah pewaris para nabi dan obor keteladanan bagi umat," kata Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa 1 Mei 2018.
 
"Jika para ulama bersatu padu dalam satu barisan untuk membumikan moderasi Islam, maka saya optimis poros wasatiyyah Islam dunia akan menjadi arus utama," tuturnya.

Dengan terlibatnya ulama, kata Jokowi, memberikan harapan bagi lahirnya dunia yang damai, aman, sejahtera, berkeadilan dan menjadi gerakan Islam untuk mewujudkan keadilan sosial.
 
Presiden Jokowi mengatakan posisi Indonesia sudah jelas dalam mendorong dan berkomitmen untuk lahirnya poros wasatiyyah Islam dunia.
 
"Kami yakin dengan wasatiyyah Islam kita ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Islam adalah agama rahmatan lil alamin, yang menjadi rahmat bagi seluruh alam semesta," imbuhnya.
 
(Baca: Konsep Wasatiyyat Islam Indonesia dapat Bantu Perdamaian).
 
Untuk membahas mengenai wasatiyyah Islam dan implementasinya, para ulama berkumpul dalam Forum Konsultasi Tingkat Tinggi Ulama se-Dunia. Forum ini dilaksanakan di Bogor pada 1 hingga 3 Mei 2018.
 
Sebanyak 100 ulama, terdiri dari 50 asal Indonesia dan sisanya ulama mancanegara hadir dalam forum ini. Diharapkan konsultasi ini menghasilkan implementasi Wasatiyyat Islam bagi dunia.‎
 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan bahwa pembicaraan dalam konsultasi ini tidak nenbahas konflik. "Justru ini adalah pembicaraan damai," jelas Menlu Retno.
 
Sementara diundangnya Imam Besar Al-Azhar Kairo Prof Dr Ahmed Muhammed Ahmed Eltayyeb, merupakan inisiatif dari Utusan Presiden RI untuk Dialog dan Kerja Sama Antar Agama dan Peradaban Din Syamsuddin. Ahmed Eltayyeb bertindak sebagai pembicara utama dalam pertemuan ini.
 



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id