Destinasi wisata Raja Ampat, Papua Barat. (Foto: MI/SUMARYANTO BRONTO).
Destinasi wisata Raja Ampat, Papua Barat. (Foto: MI/SUMARYANTO BRONTO).

Kembangkan Pariwisata, Indonesia Perluas Konektivitas Pasifik

Internasional indonesia-pasifik
Marcheilla Ariesta • 11 Juli 2019 17:37
Auckland: Isu konektivitas menjadi masalah utama antara Indonesia dengan negara-negara di Pasifik. Padahal, banyak potensi kerja sama yang bisa digali dengan terciptanya konektivitas, salah satunya di bidang pariwisata.
 
"Isu konektivitas adalah isu yang besar di Pasifik, di samping masalah perubahan iklim," tutur Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya di Auckland, Kamis, 11 Juli 2019.
 
Menurut Tantowi, dengan memperluas konektivitas, maka ikut meningkatkan pariwisata. Dia mencontohkan banyaknya turis Jepang yang datang ke Palau, yang hanya berjarak satu setengah jam dari Raja Ampat, Papua. Namun karena tak ada konektivitas langsung, para turis yang ingin ke Raja Ampat dari pulau di Pasifik lain harus ke Manila atau Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini memakan waktu sekali. Dan kita jadi kehilangan kesempatan. Padahal keinginan mereka (turis) untuk ke Raja Ampat, Labuan Bajo dan lain-lain itu tinggi sekali," imbuhnya.
 
Melihat ini, Kementerian Luar Negeri bersama dengan KBRI Wellington menawarkan ke kementerian dan lembaga terkait untuk mencari solusi. Dia menambahkan juga tengah mencari kerja sama dengan maskapai-maskapai penerbangan dalam negeri, seperti Citilink, Lion Air dan Sriwijaya.
 
"Kalau kita bisa mengambil turis dari Palau, dan kita bawa ke Raja Ampat, Sorong, maka ini bisa menambah kreasi bisnis untuk Papua, Indonesia Timur, sekaligus menciptakan konektivitas dari Indonesia Timur ke Pasifik dan intra-Pasifik itu sendiri," terangnya.
 
Tantowi menuturkan sudah ada pertemuan antara Bos Malindo dan Lion Air, Rusdi Kirana dengan Menteri Transportasi Samoa. Menurut dia pembahasan merujuk langkah konkret dalam mewujudkan konektivitas dari Samoa ke beberapa negara lainnya di Pasifik.
 
Baca juga:Indonesia Pererat Persahabatan dengan Gelar Pacific Expo
 
Indonesia menggelar Pacific Exposition di Auckland, Selandia Baru. Pertemuan ini dihadiri 20 negara, bertujuan untuk mempererat persahabatan antara Indonesia dengan negara-negara di kawasan Pasifik Selatan.
 
"Ini pertama kalinya Indonesia dengan keluarga besar Pasifik membicarakan potensi dan kerja sama apa yang bisa kita lakukan. Selama ini kita belum pernah duduk bersama membicarakan potensi dan kerja sama," tutur Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.
 
Menurut Retno, ini adalah kali pertama Indonesia mencoba membangun momentum keterikatan persaudaraan dengan negara-negara di Pasifik. Ini tertuang dalam tema kegiatan, yakni 'Creating Pacific Momentum'.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif