Pembangkit listrik tenaga panas bumi Wayang Windu di Jawa Barat (Foto: AFP).
Pembangkit listrik tenaga panas bumi Wayang Windu di Jawa Barat (Foto: AFP).

Pengembangan Geothermal Indonesia Dipromosikan ke Abu Dhabi

Internasional energi terbarukan
Fajar Nugraha • 12 Januari 2017 16:08
medcom.id, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan menghadiri pertemuan Asia Cooperation Dialogue (ACD) di Abu Dhabi. Pertemuan akan fokus pada pembahasan energi terbarukan.
Pertemuan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) itu akan berlangsung pada 17 Januari mendatang. Menurut Direktur Kerja Sama Intra Kawasan dan Antar Kawasan Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Ben Carnadi, UEA yang menjadi ketua ACD saat ini menggunakan pertemuan untuk melakukan sinergi agenda pengembangan ketahanan energi.
"Mereka menggunakan kepemimpinan mereka untuk fokus untuk ketahanan energi," ujar Ben, di kantor Kementerian Luar Negeri RI di Jalan Pejambon, Jakarta, Kamis (12/1/2017).
"Kita kan punya pengalaman pengembangan geothermal (panas bumi). Turbin air skala kecil yang banyak dikembangkan di desa-desa," lanjut Ben.
Tidak tertutup kemungkinan pertemuan tersebut akan diikuti dengan kesepakatan-kesepakatan investasi.
"KBRI Abu Dhabi sedang inisiasi soal kemungkinan bisa dilakukannya deal-deal (kesepakatan) investasi di bidang energi dengan UEA ke Indonesia. Jadi itu sifatnya bilateral," imbuh Ben.
"Jadi kita memang mulai dari kawasan dulu. Setting dulu bagaimana supaya kerja sama kebijakan-kebijakan itu seirama, sejalan. Baru secara bilateral kerja sama itu dimatangkan untuk jadi deal konkret," pungkasnya.
Namun ada kabar juga terkait kesepakatan ketahanan pangan antara RI-Indonesia. Hal itu dimungkikan untuk terealisasi mengingat kondisi lahan di Uni Emirat Arab yang sulit untuk mengembangkan pertanian.
Tetapi di saat bersamaan menurut Ben, Indonesia juga berkesempatan untuk belajar pengembangan tenaga surya. Mengingat industri tenaga surya Uni Emirat Arab cukup maju.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif