Rute pendakian menuju puncak Everest di tahun 2019 dinilai terlalu ramai dipadati pendaki. (Foto: AFP/ PROJECT POSSIBLE)
Rute pendakian menuju puncak Everest di tahun 2019 dinilai terlalu ramai dipadati pendaki. (Foto: AFP/ PROJECT POSSIBLE)

18 Pendaki Tewas di Everest Sepanjang Musim Ini

Internasional gunung everest
Willy Haryono • 25 Mei 2019 18:18
Kathmandu: Seorang pendaki asal Inggris meninggal dunia dalam upaya pendakian di Gunung Everest, Sabtu 25 Mei 2019. Ia adalah pendaki kedelapan yang tewas di Everest, dan yang ke-18 di Pegunungan Himalaya sepanjang musim pendakian saat ini.
 
Robin Haynes Fisher, 44, meninggal dunia di lokasi bernama "Zona Kematian" di Everest. Zona tersebut dikenal minim oksigen.
 
"Dia meninggal dunia akibat kondisi tubuh yang terlampau lemah usai pendakian panjang dan proses turun gunung yang berlangsung sulit," ujar Murari Sharma dari Everest Parivar Treks, dilansir dari laman TRT World.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Sharma, Fisher mengembuskan napas terakhir saat turun dari gunung setinggi 8.850 meter bersama sejumlah pemandu Sherpa. Di tengah perjalanan turun, Fisher tiba-tiba tumbang.
 
Para pemandu mengganti tabung oksigen Fisher dan memberinya air. Namun, usaha tersebut tak mampu menyelamatkan nama Fisher.
 
Satu hari sebelumnya, seorang pendaki asal Irlandia juga meninggal dunia di Everest sisi Tibet. Ayah dua anak itu tewas di tendanya di ketinggian 7.000 meter, setelah berputar balik sebelum dapat mencapai puncak.
 
Beberapa kematian lain pekan ini meliputi empat pendaki dari India, satu asal Nepal, satu Austria dan satu Amerika Serikat.
 
Otoritas setempat mengatakan sebagian besar kematian di Everest terjadi akibat kondisi tubuh yang lemah, kelelahan dan terhambatnya pendakian karena rute yang terlalu padat.
 
Meningkatnya jumlah orang yang mendaki -- dan meninggal dunia -- di Everest memicu sejumlah pihak yang menyerukan agar izin mendaki dibatasi.
 
Jumlah orang yang mendaki Everest tahun ini kemungkinan melampaui tahun lalu. Pada 2018, 807 tercatat telah berhasil mencapai puncak Everest.
 
Baca:Pendaki Ternama asal Swiss Tewas di Gunung Everest
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif