Pemilu Thailand dimulai hari ini. (Foto: AFP)
Pemilu Thailand dimulai hari ini. (Foto: AFP)

Thailand Gelar Pemilu Hari Ini

Internasional politik thailand thailand
Sonya Michaella • 24 Maret 2019 06:53
Bangkok: Warga Thailand akhirnya memilih dalam pemilihan umum pertama sejak kudeta militer pada 2014 silam. Hari ini, pemilu Thailand digelar.
 
Dilansir dari Channel News Asia, Minggu 24 Maret 2019, empat Pemungutan Suara (TPS) dibuka mulai pukul 08.00 pagi waktu setempat dan akan ditutup pada pukul 17.00 sore waktu setempat.
 
Para kandidat perdana menteri tahun ini adalah petahana Jenderal Prayut Chan-o-cha dari partai pro-militer Palang Pracharat, Sudarat Keyuraphan dari Partai Pheu Thai, Thanathorn Juangroongruangkit dari Partai Future Forward dan Abhisit Vejjajiva dari Partai Demokrat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak 81 partai bertarung dalam pemilu tahun ini, dan ribuan calon legislatig akan berjuang untuk mewakili 350 daerah pemilihan. 150 anggota DPR akan dipilih dari sistem perwakilan proporsional.
 
Baca:Pemilu Lebih Awal di Thailand Diwarnai Antrean Panjang
 
Sejak kudeta militer pada Mei 2014, Thailand seakan terbelenggu dalam jalan menuju sistem demokrasi. Sebuah konstitusi baru diperkenalkan pada 2017 di mana sistem pemilihan di Negeri Gajah Putih ini diubah.
 
Seorang calon perdana menteri harus disetujui terlebih dahulu oleh lebih dari setengah dari gabungan 750 anggota. Yang berarti, sebuah partai politik perlu mendulang setidaknya 376 suara dalam pemilihan bersama, baik dari majelis tinggi dan majelis rendah.
 
Dibandingkan partai-partai lain, Palang Pracharat akan memiliki keuntungan dalam pemilu kali ini, berkat 250 senator yang akan dipilih oleh Dewan Nasional untuk Perdamaian dan Ketertiban (NCPO) dan Prayut sendiri.
 
Berarti, Palang Pracharat bisa saja mendapatkan posisi untuk membentuk pemerintahan, bahkan jika ia memenangkan sedikitnya 126 dari 500 kursi parlemen untuk diperebutkan.
 


 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif