Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Beijing, 15 Mei 2017. (Foto: AFP/POOL/ROMAN PILIPEY)
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Beijing, 15 Mei 2017. (Foto: AFP/POOL/ROMAN PILIPEY)

Tiongkok Ucapkan Selamat atas Terpilihnya Kembali Jokowi

Internasional indonesia-tiongkok
Willy Haryono • 22 Mei 2019 06:22
Beijing: Presiden Tiongkok Xi Jinping mengucapkan selamat kepada Joko Widodo yang terpilih kembali menjadi presiden Indonesia usai menang dalam pemilihan umum serentak 2019. Menurut laporan kantor berita Xinhua, Selasa 21 Mei 2019, ucapan selamat disampaikan Presiden Xi atas nama pemerintah Tiongkok dan pribadi.
 
Dalam ucapan selamatnya, Presiden Xi menyebut Tiongkok dan Indonesia adalah mitra natural karena sama-sama negara besar dan berkembang. Ia menilai kedua negara memiliki kepentingan yang sama di level bilateral, regional serta multilateral.
 
"Dalam beberapa tahun terakhir, dua negara telah bersama-sama mengembangkan Belt and Road Initiative untuk meningkatkan sinergi pertumbuhan strategis. Kerja sama ini telah membuahkan hasil dalam kerja sama praktis di berbagai bidang," ujar Presiden Xi, merujuk pada Program Jalur Sutra Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Xi menambahkan, dirinya memandang penting hubungan bilateral antara Tiongkok dan Indonesia, serta akan terus bekerja sama dengan Jokowi dalam melanjutkan perkembangan yang telah dibuat sejak lima tahun terakhir.
 
Ia juga ingin meningkatkan kemitraan strategis komprehensif Tiongkok dan Indonesia ke level selanjutnya, dengan harapan dapat memberikan keuntungan bagi kedua negara beserta masing-masing rakyatnya.
 
Ucapan selamat juga telah disampaikan kepada Jokowi dari beberapa pemimpin negara mitra, seperti Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad, PM Jepang Shinzo Abe, PM Singapura Lee Hsien Loong dan lainnya.
 
Menurut PM Lee, kemenangan Jokowi merefleksikan rasa kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kepemimpinan sang presiden.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan bahwa pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin adalah pasangan pemenang dalam Pemilu serentak 2019. Dalam hasil rekap berita acara yang dibacakan Komisioner KPU, Evi Novida Ginting Manik, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 85.607.362 (55,50 persen) suara, sementara paslon Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno memperoleh 68.650.239 (44,50 persen) suara.
 
Baca:Presiden dan PM Singapura Ucapkan Selamat kepada Jokowi
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif