Pesawat tempur JF-17 yang dikembangkan bersama Pakistan dan Tiongkok. (Foto: AFP).
Pesawat tempur JF-17 yang dikembangkan bersama Pakistan dan Tiongkok. (Foto: AFP).

Tembak Pesawat India, Pakistan Gunakan Jet Tiongkok

Internasional konflik india-pakistan
Fajar Nugraha • 05 Maret 2019 11:28
Islamabad: Pakistan menjawab tuduhan menggunakan pesawat tempur buatan Amerika Serikat (AS),F-16, ketika menembak jatuh jet tempur India pekan lalu. Menurut mereka, bukan F-16 yang digunakan.
 
Baca juga: AS Selidiki Pakistan Gunakan Pesawat F-16 untuk Serang India.
 
Rupanya sebuah jet tempur JF-17 yang membawa jatuh pesawat India di Azad Jammu dan Kashmir pekan lalu. Ini menjawab pertanyaan dari diplomat Amerika yang mengatakan AS ingin tahu apakah Pakistan menggunakan jet F-16 untuk tembak jet tempur India.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pesawat JF-17 adalah jet tempur yang didesain Tiongkok. Jet ini diproduksi bersama oleh Pakistan dan Tiongkok.
 
“Jet itu mungkin yang menembak jatuh sebuah pesawat tempur Angkatan Udara India. Jatuhnya pesawat berujung pada penangkapan seorang pilot India oleh Pakistan," kata laporan CNN, Selasa, 5 Maret 2019.
 
Laporan itu juga mencatat bahwa jet India yang jatuh adalah MiG-21, pesawat yang dirancang Uni Soviet, yang telah beroperasi sejak 1960-an. MiG-21 merupakan andalan dari Angkatan Udara India, yang jumlahnya mencapai sekitar 200.
 
Nishank Motwani, pengamat dari Akademi Diplomasi Asia-Pasifik, Acton, Australia, mengatakan kepada CNN bahwa pilot India menyebut pesawat itu ‘peti mati terbang’ karena terlibat dalam banyak kecelakaan.
 
“Dan itu menggambarkan masalah bagi India. Meskipun memiliki anggaran militer besar-besaran, sebagian besar dari itu digunakan untuk pemeliharaan peralatan yang ada, dan gaji,” tambah laporan itu.
 
Komite parlemen India, sebelumnya menemukan bahwa: Modernisasi hanya mendapat 14 persen (dari dana yang dialokasikan), yang sangat tidak memadai."
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif