Pascakerusuhan di Sri Lanka. (Foto: AFP)
Pascakerusuhan di Sri Lanka. (Foto: AFP)

Sri Lanka Curiga Ekstremis Buddha Dalang Kerusuhan

Internasional Ledakan Sri Lanka
Sonya Michaella • 16 Mei 2019 09:21
Kolombo: Sri Lanka mencurigai bahwa kelompok Buddha garis keras berada di balik kerusuhan anti-Muslim yang pecah beberapa hari terakhir. Kerusuhan ini dampak dari pengeboman gereja dan hotel-hotel mewah pada Minggu Paskah, 21 April 2019.
 
Dalam kerusuhan tersebut, massa bergerak masuk ke kota-kota di Sri Lanka, menyerang masjid, membakar Al-quran dan menyerang toko-toko yang diketahui pemiliknya adalah Muslim.
 
Dilansir dari AFP, Kamis 16 Mei 2019, kepolisian Sri Lanka sejauh ini telah menangkap 78 tersangka, tiga di antaranya diyakini sebagai ekstremis Buddha Sinhala di mana tahun lalu mereka juga melakukan tindakan serupa di Distrik Kandy.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini adalah serangan yang direncanakan terhadap kaum Muslim di Sri Lanka," kata pejabat pemerintahan Sri Lanka. Tiga ekstremis Buddha tersebut bernama Namal Kumara, Dan Priyasad dan Amith Weerasinghe.
 
Baca:Pria Muslim Sri Lanka Tewas dalam Kerusuhan
 
Sementara itu, sejumlah media lokal Sri Lanka melaporkan bahwa Priyasad telah bebas dengan jaminan, kemarin. Weerasinghe akan dibebaskan pda 28 Mei namun status Kumara belum jelas.
 
Menteri Administrasi Publik Sri Lanka Ranjith Madduma Bandara mengatakan kelompok-kelompok tersebut memiliki tujuan politik di balik serangan ini. Mereka berusaha menodai citra pemerintah dengan menunjukkan pemerintah tak mampu mengangani situasi ini.
 
Populasi umat Muslim di Sri Lanka hanya 10 persen dari 22 juta warga, yang sebagian besar adalah penganut Buddha Sinhala. Kekerasan ini pun mendorong pemerintah Sri Lanka mengumumkan keadaan darurat.
 
Perang saudara kerap terjadi di negara ini antara separatis dari minoritas Tamil yang beragama Hindu dan warga yang didominasi Buddha Sinhala. Perang berhasil diredam oleh pemerintah sekitar 10 tahun yang lalu.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif