Korut Diminta Kembalikan Jasad Tentara Australia
Menlu Australia Julie Bishop. (Foto: AFP)
Canberra: Pemerintah Australia mendesak Korea Utara (Korut) untuk mengembalikan 43 kerangka tentara yang hilang dalam Perang Korea 1950-1953.

Dilansir dari AFP, Rabu 8 Agustus 2018, Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengaku telah menyampaikan permintaan itu ketika bertemu dengan Menlu Korut Ri Yong-ho di Singapura dalam forum ASEAN pekan lalu.

"Saya mencatat Korut telah mengembalikan kerangka prajurit AS. Kami menawarkan bantuan forensik sehingga mereka bisa mengembalikan sisa kerangka prajurit kami," ucap Bishop.


Dia berharap, Australia dapat mengakses situs lokasi kerangka tentara yang rencananya akan dilakukan oleh tim forensik tersebut.

Saat bertemu Ri, Bishop juga mengapresiasi kemajuan Korut dalam melakukan denuklirisasi dan pertemuan Kim Jong-un dengan Presiden AS Donald Trump. 

Sekitar 17 ribu tentara Australia memang menjadi bagian dari pasukan PBB yang berperang membela Korea Selatan (Korsel) saat Perang Korea.

Menurut laporan, 340 tentara tewas dan lebih dari 1.000 terluka. Sebanyak 43 orang dinyatakan hilang ketika bertempur dan diperkirakan tewas.




(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id