Polisi India mengejar pendemo dalam bentrokan di Srinagar, Kashmir bagian India, 30 Desember 2016. (Foto: AFP/TAUSEEF MUSTAFA)
Polisi India mengejar pendemo dalam bentrokan di Srinagar, Kashmir bagian India, 30 Desember 2016. (Foto: AFP/TAUSEEF MUSTAFA)

Pakistan Klaim India Tidak Ingin Selesaikan Masalah Kashmir

Internasional konflik india-pakistan konflik kashmir
Willy Haryono • 07 Februari 2017 16:41
medcom.id, Jakarta: Pakistan mengklaim India terkesan tidak serius dalam upaya menyelesaikan masalah sengketa wilayah di Kashmir.
 
Dari sejumlah tawaran dialog, Islamabad menuduh New Delhi selalu mencari alasan untuk menunda atau bahkan membatalkannya.
 
"Respons India sejauh ini kurang memuaskan. Mereka tidak siap untuk membicarakan isu-isu utama mengenai Kashmir dengan Pakistan," tutur Dubes Pakistan untuk Indonesia Mohammad Aqil Nadeem dalam acara Kashmir Solidarity Day di Universitas Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (7/2/2017).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menurut saya, India tidak mau isu Kashmir ini diselesaikan," sambung dia.
 
Karena sulit melakukan dialog langsung, Pakistan membuka diri atas mediasi konflik Kashmir dari sejumlah negara atau organisasi internasional, termasuk Persatuan Bangsa-Bangsa.
 
Pakistan ingin konflik ini ditengahi pihak ketiga agar tercipta solusi damai yang menguntungkan kedua negara.
 
"Kami tidak ingin menyelesaikan konflik ini dengan kekuatan militer. Kami ingin komunitas internasional untuk terlibat," tegas Dubes Nadeem.
 
Baca:Pasukan India-Pakistan Kembali Bertempur di Perbatasan Kashmir
 
Wilayah Kashmir, yang terbagi di antara India dan Pakistan sejak 1947, merupakan pusat kecurigaan kedua negara selama tujuh dekade terakhir. Dua dari tiga perang kedua negara sejak merdeka dari Inggris telah berkobar di wilayah tersebut.
 
Menurut data beberapa organisasi kemanusiaan, termasuk Amnesty International dan Human Rights Watch, sekitar 60 ribu warga Kashmir tewas akibat konflik bersenjata pada 1989.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif