Kamp pengungsi di Cox's Bazar, Bangladesh. (Foto: AFP)
Kamp pengungsi di Cox's Bazar, Bangladesh. (Foto: AFP)

Gerilyawan Kuasai Kamp Pengungsi Rohingya di Bangladesh

Internasional bangladesh pengungsi rohingya
Sonya Michaella • 26 April 2019 09:58
Dhaka: Kelompok kriminal dan gerilyawan meningkatkan cengkeraman mereka di kamp-kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh. Mereka kerap melakukan pembunuhan dan penculikan, menurut laporan dari International Crisis Group.
 
"Kami meminta Bangladesh memperkuat kehadiran polisi di Cox's Bazar dan Kutupalong. Kelompok ekstremis saat ini beroperasi secara terbuka di kamp-kamp pengungsian," sebut laporan itu, dikutip dari Channel News Asia, Jumat 26 April 2019.
 
Ancaman dari kelompok-kelompok ini membuat para Rohingya ketakutan. Pembunuhan yang terjadi juga jarang diselidiki oleh otoritas Bangladesh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pengungsi mengungkapkan keprihatinan serius tentang keamanan mereka yang diintimidasi oleh kelompok kriminal tersebut," tambah laporan tersebut.
 
Baca:Repatriasi Rohingya Masih Sebatas Perjanjian
 
ICG juga menyebutkan, pembunuhan dan bentuk kekerasan lainnya terjadi hampir setiap malam. Namun, pelaku tidak pernah diadili. ICH menduga, kelompok tersebut adalah ARSA atau Arakan Rohingya Salvation Army.
 
ARSA sempat dituding menyerang pasukan keamanan Myanmar di Rakhine State dalam beberapa tahun terakhir, termasuk serangan yang memicu eksodus Rohingya besar-besaran pada Agustus 2017.
 
Sementara itu, laporan ini ditampik keras oleh kepolisian Bangladesh. Juru bicara kepolisian Distrik Cox's Bazar Iqbal Hossain mengatakan laporan ICG tidak berdasar dan dilebih-lebihkan.
 
"Kepolisian Bangladesh sudah membangun tujuh pos polisi baru dan menempatkan tentara untuk meningkatkan keamanan di kamp-kamp pengungsian," ucap dia.
 
Dia juga membantah bahwa ARSA menguasai kamp pengungsi dan terjadi kekerasan hampir setiap malam.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif