Panama Ingin Kerja Sama dengan ASEAN
Wapres Panama Isabel Saint Malo dan Menlu RI Retno Marsudi. (Foto: Medcom.id/ Sonya Michaella).
Jakarta: Wakil Presiden Panama Isabel Saint Malo menyatakan dirinya serius meningkatkan kerja sama dengan ASEAN. Wanita yang menjabat juga sebagai menteri luar negeri ini menilai ASEAN sangat penting dengan ada Indonesia di dalamnya.

"Saya ingin perkuat hubungan Panama dengan ASEAN. Saya tahu Indonesia sangat vokal di ASEAN dan saya ingin agar Panama bisa terlibat di setiap dialog ASEAN," kata Isabel, di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis 25 Oktober 2018.

Berbicara kepada Menlu Retno Marsudi, Isabel mengaku sudah berbicara kepada Singapura dan Thailand agar Panama bisa dilibatkan. Singapura merupakan ketua ASEAN tahun ini dan Thailand yang selanjutnya.


Baca: Indonesia-Panama Sepakat Kuatkan Kerja Sama Maritim

Selain itu, Isabel juga mengungkapkan keingingannya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dengan Indonesia. Ia menilai, banyak sektor yang bisa ditingkatkan antara dua negara.

"Kami juga sudah bahas dengan Kementerian Perdagangan Panama agar produk Indonesia bisa masuk ke pasar Amerika Utara dan Karibia," pungkas dia.

Isabel berharap kunjungan perdananya ke Indonesia bisa membuka saluran komunikasi untuk meningkatkan industri kreatif. Ia juga menegaskan bahwa Panama membuka peluang besar untuk kerja sama ekonomi kedua negara.

Hingga saat ini, 60 persen produk Indonesia ke Amerika Latin masuk melalui Panama. Pertumbuhan perdagangan kedua negara juga termasuk bagus yaitu 31,2 persen pada semester pertama tahun ini.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id