Indonesia-Panama Sepakat Kuatkan Kerja Sama Maritim
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menerima kunjungan Wakil Presiden Panama Isabel Saint Malo. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).
Jakarta: Penguatan kerja sama maritim menjadi salah satu bahasan antara Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menerima kunjungan Wakil Presiden Panama Isabel Saint Malo. Wapres Isabel juga merangkap jabatan sebagai menteri luar negeri.
 
Baca juga: Wapres Panama ke Indonesia Bahas Kerja Sama Ekonomi.
 
"Kami mendiskusikan bagaimana meningkatkan kerja sama maritim dan juga sumber daya manusianya," kata Menlu Retno di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis 25 Oktober 2018.
 

"Kerja sama maritim ini kita perkuat juga karena posisi Indonesia dan Panama sama-sama strategis," lanjut dia.

 
Menlu Retno menyebutkan posisi strategis ini dilihat dari letak Indonesia di antara Samudera Pasifik dan Hindia, sedangkan Panama terletak di antara Samudera Pasifik dan Atlantik.
 
Kunjungan Menlu Panama ini merupakan kunjungan perdana ke Indonesia sejak dibukanya hubungan diplomatik pada 1979 silam. Namun Menlu Retno sudah pernah bertemu dengan Isabel di Montreal, Kanada dalam acara pertemuan menlu wanita dan membahas pemberdayaan perempuan.
 
Selain soal keamanan maritim, Menlu Retno juga berdiskusi soal pemberian bebas visa untuk warga Indonesia ke Panama.
 
"Bebas visa ke Panama juga kita bicarakan. Lalu kita juga undang anak-anak muda Panama untuk bisa ikut beasiswa Budaya dan Seni Indonesia," tutur Menlu Retno lagi.
 
Isabel tak hanya mengunjungi Jakarta. Ia juga menjadi salah satu kepala negara yang hadir di Our Ocean Conference yang digelar pada 29-30 Oktober 2018 mendatang di Bali.

(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id