Menlu Retno Marsudi di acara Regional Conference on Digital Diplomacy, di Jakarta, Selasa 10 September 2019. (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella)
Menlu Retno Marsudi di acara Regional Conference on Digital Diplomacy, di Jakarta, Selasa 10 September 2019. (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella)

Menlu RI Yakin Diplomasi Digital Berguna Sebarkan Perdamaian

Internasional kemenlu diplomasi luar negeri
Sonya Michaella • 10 September 2019 10:53
Jakarta: Pendekatan digital atau melalui internet kini menjadi salah satu langkah Kementerian Luar Negeri RI untuk berdiplomasi. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyebut, internet seharusnya digunakan untuk menyebarkan perdamaian.
 
"Internet harus digunakan untuk menyebarkan perdamaian dan melawan hoaks, terutama soal ekstremisme dan terorisme," kata Retno dalam pidatonya di acara Regional Conference on Digital Diplomacy, di Jakarta, Selasa 10 September 2019.
 
Menurut Retno, persoalan inilah yang harus dibahas oleh para negara-negara kawasan, utamanya untuk menangkal terorisme yang biasanya menyebar lewat sosial media. Retno menambahkan, di sinilah diplomasi harus berjalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harus bekerja sama agar internet dan sosial media berkontribusi untuk melawan penyebaran ideologi ekstremisme dan terorisme," tuturnya.
 
Ia menjabarkan, negara-negara kawasan harus bisa melobi sejumlah platform sosial media seperti Facebook, Google, Twitter dan Instagram untuk terus menyebarkan pesan-pesan perdamaian dan menyetop penyebaran hoaks.
 
Konferensi regional yang digelar dua hari ini dihadiri oleh perwakilan dari 10 negara anggota ASEAN dan enam negara lainnya, yaitu Australia, Tiongkok, India, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru.
 
Di sela-sela konferensi, terdapat pula pameran teknologi digital. Unicorn Indonesia, start-ups dan mitra potensial lainnya akan berpartisipasi dalam pameran yang terbuka untuk umum tersebut.
 
RCDD juga diharapkan akan menjadi wadah bagi para pemangku kepentingan terkait di kawasan untuk membahas peluang dan tantangan mengenai kegiatan diplomasi yang dijalankan di era digital, serta cara menggunakan dan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara efektif dalam diplomasi menuju kemajuan dan kemakmuran bersama.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif