Bandara Abha di Arab Saudi. (Foto: AFP)
Bandara Abha di Arab Saudi. (Foto: AFP)

Indonesia Kecam Serangan Houthi ke Bandara Saudi

Internasional arab saudi pemberontak houthi
Sonya Michaella • 03 Juli 2019 10:00
Jakarta: Indonesia mengecam serangan terhadap Bandara Abha di Arab Saudi yang berulang kali terjadi. Apalagi, serangan tersebut menyasar warga sipil dan berasal dari Houthi.
 
"Serangan tersebut membahayakan keamanan dan stabilitas keamanan kawasan. Indonesia menyerukan kembali dialog dan mendukung proses politik di Yaman, di bawah kepemimpinan Perserikatan Bangsa-Bangsa," sebut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri RI, Rabu 3 Juli 2019.
 
Indonesia juga menyerukan agar kekerasan terhadap warga sipil apapun bentuknya, harus segera dihentikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah warga negara asing bahkan menjadi korban luka akibat serangan udara yang menyasar Bandara Abha. Serangan ini diluncurkan Houthi menggunakan drone.
 
Houthi, yang terus dibombardir koalisi Saudi sejak Maret 2015, telah meningkatkan serangan misil dan drone ke Riyadh dalam beberapa pekan terakhir.
 
Pada 12 Juni, sebuah serangan misil Houthi di bandara Abha melukai 26 warga sipil. Koalisi Saudi geram, dan bertekad membalas serangan tersebut dengan "tindakan tegas."
 
Serangan lanjutan Houthi di bandara Abha pada 23 Juni menewaskan seorang warga Suriah dan melukai 21 warga sipil.
 
Koalisi Saudi terlibat konflik Yaman pada 2015 saat Presiden Abedrabbo Mansour Hadi mengasingkan diri ke Riyadh. Sanaa, ibu kota Yaman, jatuh ke tangan Houthi setelahnya.
 
Konflik di Yaman telah menewaskan puluhan ribu orang, banyak dari mereka adalah warga sipil. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut konflik di Yaman adalah krisis kemanusiaan terburuk di era modern, yang juga membuat jutaan orang telantar dan membutuhkan bantuan darurat.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif