Masazo Nonaka (kanan), berusia 112 tahun, menerima sertifikat Guinness World Records di Ashoro, Hokkaido, Jepang,, 10 April 2018. (Foto: AFP/JIJI PRESS)
Masazo Nonaka (kanan), berusia 112 tahun, menerima sertifikat Guinness World Records di Ashoro, Hokkaido, Jepang,, 10 April 2018. (Foto: AFP/JIJI PRESS)

Tertua di Dunia, Pria Jepang Meninggal di Usia 113 Tahun

Internasional jepang
Willy Haryono • 20 Januari 2019 20:00
Hokkaido: Masazo Nonaka, warga Jepang yang disebut-sebut sebagai pria tertua di dunia, meninggal dunia di usia 113 tahun pada Minggu 20 Januari 2019. Menurut data Guinness World Records, Nonaka lahir pada Juli 1905 -- beberapa bulan sebelum ilmuan ternama Albert Einstein mempublikasikan teori relativitas.
 
Nonaka juga lahir dua tahun usai Wright Bersaudara meluncurkan pesawat pertama mereka yang merupakan perintis di dunia penerbangan komersil.
 
Guiness secara resmi mengakui Nonaka sebagai pria tertua di dunia usai kematian Francisco Nunez Olivera asal Spanyol tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami terkejut dengan berpulangnya tokoh sebesar ini. Dia beraktivitas seperti biasa kemarin, dan meninggal dunia tanpa sama sekali merepotkan keluarga," ucap Yuko, cucu dari Nonaka, kepada kantor berita Kyodo News.
 
Menikah di tahun 1931, Nonaka memiliki lima anak dan juga enam saudara laki-laki serta satu perempuan. Dia pernah memiliki penginapan sekaligus pemandian air panas di kota kelahirannya.
 
Menurut keterangan media lokal, Nonaka menjalani masa tuanya dengan menonton pertandingan sumo dan mengonsumsi banyak makanan manis.
 
Jepang adalah negara dengan tingkat harapan hidup tertinggi di dunia. Negeri Sakura merupakan rumah dari beberapa orang yang diakui sebagai manusia tertua di dunia.
 
Jiroemon Kimura, warga Jepang yang pernah disebut sebagai pria tertua di dunia, meninggal dunia usai merayakan ulang tahun ke-116 pada Juni 2013.
 
Sementara manusia tertua yang telah diverifikasi Guinness -- Jeanne Louise Calment asal Prancis -- meninggal dunia pada 1997 di usia 122 tahun.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif