Ilustrasi angin kencang. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi angin kencang. (Foto: Medcom.id)

Siklon Veronica Hantam Pesisir Barat Australia

Internasional australia siklon tropis
Willy Haryono • 24 Maret 2019 20:03
Canberra: Sebuah siklon kuat berkecepata rendah melanda pesisir barat Australia, Minggu 24 Maret 2019. Ini merupakan siklon kedua yang menghantam Australia dalam dua hari terakhir.
 
Sebelum Veronica, Siklon Trevor menghantam pesisir utara Australia pada Sabtu 23 Maret. Trevor membawa guyuran hujan deras dan angin kencang berkecepatan 250 kilometer per jam.
 
Kekuatan Siklon Veronica diturunkan ke level tiga saat melanda garis pantai Pilbara, yang terletak antara Dampier dan Port Hedland pada pukul 06.00 pagi waktu setempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Biro Meteorologi Australia (BOM) mengatakan dampak parah dari Veronica bisa terjadi pada siang hari atau petang. Otoritas Pilbara telah mengeluarkan peringatan badai, dan meminta warga di antara Pardoo dan Mardie untuk mencari tempat perlindungan..
 
"Masyarakat yang ada di jalur siklon harus bersiap mencari tempat perlindungan hari ini," ujar BOM, seperti dilansir dari Stuff.co.nz.
 
"Angin yang sangat merusak dengan kecepatan putaran hingga 165 km per jam mungkin akan berada di dekat pusat siklon," sambungnya.
 
BOM juga mengatakan hujan deras yang dibawa Veronica berpotensi memicu banjir di Pilbara dan juga beberapa area lain di dekatnya hari ini hingga Senin besok. Warga yang tidak mengungsi diminta berlindung di bagian paling aman di rumah mereka masing-masing.
 
Wali Kota Port Hedland Camilo Blanco mengatakan pada Sabtu malam kemarin bahwa warga sebaiknya mengungsi atau bertahan di titik aman di kediaman masing-masing.
 
"Merupakan hal penting bagi warga Hedland bahwa siklon ini berbahaya," tutur Blanco di laman Facebook.
 
"Jika atap rumah Anda terbang terbawa angin atau roboh, Anda perlu berlindung di bagian terkuat dari rumah, mungkin toilet atau kamar mandi," sambung dia.
 
Petinggi BOM James Ashley mengatakan Veronica adalah siklon unik karena bergerak perlahan dan berpotensi memicu kerusakan dalam periode yang lebih lama dari badai sejenis.
 
"Mungkin angin merusak dari Veronica dapat berlangsung selama 12 jam atau lebih," ucap Ashley.
 
Baca:Siklon Trevor dan Veronica Hantam Pesisir Australia
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif