Ilustrasi topan badai (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi topan badai (Foto: Medcom.id)

Siklon Trevor dan Veronica Hantam Pesisir Australia

Internasional topan badai australia
Willy Haryono • 23 Maret 2019 17:22
Canberra: Siklon Tropis Trevor menghantam pesisir utara Australia, membawa guyuran hujan deras dan angin kencang berkecepatan 250 kilometer per jam. Siklon Trevor adalah badai kategori empat, yang memicu status keadaan darurat di beberapa wilayah.
 
Satu siklon lainnya, Veronica, juga diproyeksikan melanda pesisir barat Australia.
 
Ribuan warga Australia telah menngungsi dari rumah masing-masing dalam mengantisipasi dua siklon yang berpotensi merusak. Dua siklon ini diyakini dapat memicu gelombang tinggi dan banjir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini merupakan kali pertamanya dua siklon diproyeksikan menghantam sebuah negara dalam waktu yang sama. Siklon Trevor melanda Numbulwa dan Borroloola di Northern Territory pada Sabtu 23 Maret 2019 pagi waktu setempat.
 
Saat tiba di pesisir utara, kekuatan Trevor langsung turun ke kategori tiga. Namun sejumlah pakar mengingatkan siklon tersebut masih berbahaya.
 
"Ada kekhawatiran akan terjadinya banjir bandang," ucap pejabat badan penanggulangan urusan darurat, Michael Hebb, seperti dilansir dari laman AFP.
 
Evakuasi warga dalam menghadapi siklon disebut-sebut sebagai yang terbesar dalam sejarah Australia. Warga Australia yang terancam terkena badai telah mengungsi ke beberapa tenda pengungsian di Darwin dan Katherine.
 
Sejumlah orang yang mengungsi mengaku khawatir apakah rumah mereka masih utuh saat siklon telah berlalu. "Kami baru di area ini, dan rumah kami tidak akan kuat menahan tiupan angin," tutur Emily Crawford, warga yang mengungsi ke Darwin.
 
Petugas bantuan dan militer Australia telah dikerahkan untuk membantu warga di pulau Groote Eylandt di pesisir utara sejak Kamis kemarin. Evakuasi dengan skala sebesar ini pernah terjadi saat Siklon Tropis Tracy melanda Darwin pada 1974. Kala itu, siklon menewaskan 49 orang.
 
Sementara itu, Siklon Veronica dijadwalkan melanda pesisir barat Australia pada Sabtu petang atau Minggu pagi besok. Biro Meteorologi Australia mengingatkan Veronica dapat memiliki "dampak buruk" terhadap area yang dilewatinya.
 
Di Port Hedland, kota yang diprediksi dilewati Veronica, barang di sejumlah supermarket telah diborong warga untuk mempersiapkan diri menghadapi siklon. Wali Kota Port Headland, Camilo Blanco, telah mengingatkan warga mengenai "fenomena cuaca masif."
 

(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif