Diksusi mengenai kemajuan yang dihadapi oleh AICHR dalam mengatasi isu hak asasi manusia. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).).
Diksusi mengenai kemajuan yang dihadapi oleh AICHR dalam mengatasi isu hak asasi manusia. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).).

Negara Anggota ASEAN Perlu Bantu Kinerja AICHR

Internasional AICHR
Sonya Michaella • 09 Mei 2019 13:06
Jakarta: Lewat sebuah rekaman video, Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah terus mendukung kemajuan Intergovernmental Commision on Human Rights atau AICHR. Saifuddin mengatakan, AICHR adalah rumah bagi hak asasi manusia warga ASEAN.
 
“AICHR itu dari ASEAN untuk ASEAN. Jadi, seharusnya kita sebagai negara anggota ASEAN juga turut membantu kemajuan AICHR,” kata Saifuddin, Kamis 9 Mei 2019.
 
Saifuddin, yang dijadwalkan menjadi salah satu pembicara dalam acara 10 Tahun AICHR ini berhalangan hadir. Sebagai gantinya, ia tetap menyampaikan pendapatnya lewat sebuah video.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“AICHR juga harus selalu menjalankan apa yang telah tertulis di TOR terutama untuk terus meningkatkan kesejahteraan dan perdamaian di kawasan,” ucap dia.
 
Senada dengan Malaysia, Indonesia pun berkomitmen untuk terus mendukung AICHR untuk tetap berdiri dan mempromosikan serta membela hak asasi di kawasan Asia Tenggara.
 
Indonesia juga memiliki tiga rekomendasi untuk organisasi yang dibentuk pada 2009 ini, salah satunya adalah terkait dengan wakil atau representatif Indonesia di AICHR.
 
Pertama, wakil Indonesia di AICHR harus independen. Memonitor semua aksi dan memaksimalkan proteksi dan melibatkan pemerintah. Semua proses harus dilakukan secara transparan.
 
Kedua, AICHR tak hanya mempromosikan keadilan tetapi juga harus melindungi hak-hak masyarakat ASEAN. Di usia yang baru yaitu 10 tahun, AICHR harus memiliki terobosan baru untuk meningkatkan kinerja di kawasan.
 
Yang ketiga, AICHR diharapkan tidak membentuk tembok regional dan melanjutkan promosi kesejahteraan dan perdamaian di kawasan, sejalan dengan prinsip ASEAN. Seluruh anggota negara ASEAN pun harus turut serta membantu AICHR.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif