Indonesia-Maroko Berbagi Informasi Berantas Narkoba
Pertemuan Wamenlu AM Fachir dengan Wamenlu dan Kerja Sama Internasional Maroko Mounia Boucetta. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).
Jakarta: Memorandum of Understanding (MoU) terkait anti-narkoba menjadi salah satu MoU yang ditandatangani antara Indonesia dan Maroko dalam kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Maroko Mounia Boucetta.
 
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Heru Winarko menjelaskan, kerja sama tersebut akan dilakukan dalam kerangka berbagi informasi antara tim Indonesia dan tim Maroko.
 
"Ya kerja samanya berupa berbagi informasi, pelatihan-pelatihan dan capacity building. Ada juga soal rehabilitasi," kata Heru, ditemui di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat 26 Oktober 2018.
 
Namun, Heru tak mau membeberkan secara jelas terkait kerja sama rehabilitasi ini. Ia hanya menekankan bahwa kerja sama rehabilitasi diperlukan antara dua negara, untuk para pengguna narkoba.
 
"Kerja sama rehabilitasi kan bentuknya bermacam-macam ya. Bukan Maroko belajar banyak dari Indonesia, kita juga belajar. Jadi sama-sama bagi pengalaman," ujar dia.
 
Untuk langkah konkretnya sendiri, kedepannya kedua tim akan segera bertemu untuk membicarakan Plan of Action kerja sama pemberantasan narkoba ini dan segera melaksanakan aksi yang dirasa sudah matang.
 
Heru menambahkan bahwa saat ini di Maroko masih banyak terdapat ladang ganja. Hal ini membuat pengguna narkotika dan obat-obatan terlarang di negara yang terletak di Afrika Utara tersebut melonjak drastis.
 
Ia juga menjelaskan bahwa sampai saat ini tak ada sindikat narkotika yang menghubungkan antara Indonesia dan Maroko. Kendati demikian, BNN terus memantau dari tahun ke tahun terutama untuk negara-negara yang memiliki angka tinggi di kasus narkotika dan obat-obatan terlarang.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id