Kucing dan ayam dihadirkan dalam prosesi penobatan Raja Maha Vajiralongkorn. (Foto: AFP)
Kucing dan ayam dihadirkan dalam prosesi penobatan Raja Maha Vajiralongkorn. (Foto: AFP)

Kucing Palsu di Prosesi Penobatan Raja Thailand

Internasional thailand raja thailand
Sonya Michaella • 06 Mei 2019 11:30
Bangkok: Di tengah prosesi pelantikan Raja Thailand Maha Vajiralongkron, sejumlah warga dibuat bingung dan penasaran dengan seekor kucing yang dihadirkan di istana. Mereka menduga bahwa kucing ini bukan kucing sungguhan.
 
Dalam prosesi penobatan, seekor kucing Siam akan dihadirkan di hadapan Raja Thailand yang baru saja mengenakan mahkota kerajaan, yang diadakan di Chakrabat Biman. Kucing dianggap sebagai simbol keberuntungan dan pertahanan oleh warga Thailand.
 
Sejumlah media Thailand memberitakan bahwa kucing yang dihadirkan di hadapan Raja Vajiralongkron adalah boneka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Upacara kerajaan mengharuskan penggunaan kucing dan ayam. Seharusnya fokus warga tidak terlalu mempermasalahkan apakah kucing dan ayam ini hidup atau tidak. Yang penting adalah ritual itu sendiri," ujar salah seorang pejabat istana, dikutip dari AFP, Senin 6 Mei 2019.
 
Perdebatan kucing asli atau palsu pun berlanjut di media sosial. Namun, tidak ada yang dapat menjawab apakah kucing yang dihadirkan di hadapan raja tersebut asli atau hanya boneka.
 
Baca:Raja Thailand Bagi-Bagi Titel di Hari Kedua Penobatan
 
Raja Vajiralongkorn naik takhta menjadi Raja Thailand setelah wafatnya sang ayah, Raja Bhumibol Adulyadej, tahun 2016 lalu. Dia bergelar Raja Rama X dan merupakan anggota ke-10 dari Dinasti Chakri, yang menguasai Thailand sejak Raja Rama I bertakhta tahun 1782 silam.
 
Penobatan raja sejak Sabtu kemarin adalah kali pertama di Thailand dalam 69 tahun terakhir. Dalam penobatan hari pertama, Raja Vajiralongkorn dibaluri air suci dan juga resmi mengenakan mahkota kerajaan Great Crown of Victory.
 
Penobatan kali ini diwarnai sejumlah kejutan, terutama pengumuman bahwa Raja Vajiralongkorn telah menikah dengan kekasihnya, Suthida.
 
Acara hari kedua dimulai sejak Minggu pagi di istana kerajaan di Bangkok. Raja Vajiralongkorn memberikan penghormatan di hadapan foto ayah dan ibunya. Setelah itu, Raja Vajiralongkorn mulai memberikan titel kepada sejumlah anggota keluarga.
 
Baca:Raja Thailand Kunjungi Leluhur Jelang Penobatan
 
Ratu Sirikit, ibu dari Raja Vajiralongkorn, diberikan gelar baru yakni Ibu Suri. Anak laki-laki Raja Vajiralongkorn, Pangeran Dipangkorn Rasmijoti, juga mendapat titel baru. Dua anak perempuan Raja Vajiralongkorn juga mendapat gelar baru.
 
Penobatan Raja Vajiralongkorn dilakukan di tengah ketidakpastian politik di Thailand. Pemilu di Thailand telah digelar pada 24 Maret, kali pertama sejak militer mengambil alih kekuasaan dalam kudeta 2014. Namun hingga saat ini, belum ada pemerintahan baru Thailand.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif