Kematian Jurnalis Arab Saudi

Menlu Saudi Janji Tuntaskan Penyelidikan Kasus Khashoggi

Sonya Michaella 23 Oktober 2018 13:29 WIB
arab saudiindonesia-arab saudi
Menlu Saudi Janji Tuntaskan Penyelidikan Kasus Khashoggi
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menerima Menlu Arab Saudi Adel al-Jubeir di Gedung Pancasila, Selasa 23 Oktober 2018. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).
Jakarta: Dalam kunjungannya ke Indonesia, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubeir menegaskan bahwa penyelidikan kasus Jamal Khashoggi akan terus dilakukan sampai tuntas. Saat ini, 18 orang sudah ditangkap dan enam pejabat tinggi dipecat.
 
Baca juga: Menlu Jubeir Sebut Temukan Semua Fakta Kasus Khashoggi.
 
Khashoggi telah dinyatakan tewas di dalam gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. Arab Saudi menyebut, Khashoggi tewas karena perkelahian di dalam konsulat.
 
"Arab Saudi menegaskan akan menuntaskan penyelidikan kasus ini. Tim penyelidik Arab Saudi sudah tiba di Istanbul sejak kami mengetahui kasus ini," kata Al-Jubeir dalam pernyataan persnya di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Selasa 23 Oktober 2018.
 
"Kamu juga berterima kasih atas ucapan dukacita yang diberikan Indonesia. Kami akan terus memberikan update perkembangan penyelidikan ini," ucap dia.
 
Al-Jubeir juga menegaskan bahwa Kerajaan Arab Saudi akan terus mencari dan menangkap pelaku pembunuh Khashoggi.
 
"Tim penyelidik sedang mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam gedung konsulat dan apa yang dilaporkan sejak awal kasus ini mencuat," tukas Al-Jubeir.
 
Baca juga: Arab Saudi Akui Khashoggi Dibunuh di Konsulat.
 
Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pun bersumpah akan menuntaskan kasus ini. "Kami akan mencari keadilan dalam kasus ini. Semua akan dibuka seluruhnya, bukan hanya melalui langkah biasa," tegas Erdogan, pekan lalu.
 
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menuding Arab Saudi berbohong mengenai pembunuhan Jamal Khashoggi. Dia menarik kembali ucapannya yang mengatakan Riyadh memberikan penjelasan kredibel mengenai kematian wartawan yang dibunuh di kantor konsulat Arab Saudi di Turki.




(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id