Kematian Jurnalis Arab Saudi

Menlu Jubeir Sebut Temukan Semua Fakta Kasus Khashoggi

Sonya Michaella 23 Oktober 2018 12:53 WIB
arab saudiindonesia-arab saudi
Menlu Jubeir Sebut Temukan Semua Fakta Kasus Khashoggi
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menerima Menlu Arab Saudi Adel al-Jubeir di Gedung Pancasila, Selasa 23 Oktober 2018. (Foto: Sonya Michaella).
Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi meminta Arab Saudi melakukan penyelidikan transparan terhadap kasus tewasnya jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi. Arab Saudi telah menyatakan jurnalis The Washington Post ini tewas.
 
Baca juga: Arab Saudi Akui Khashoggi Dibunuh di Konsulat.
 
Khashoggi disebut-sebut tewas dibunuh di dalam gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018. Bahkan, muncul spekulasi bahwa pembunuhan jurnalis pengkritik pemerintah Saudi ini diperintahkan langsung oleh Kerajaan.
 
"Indonesia meminta Arab Saudi melakukan investigasi yang transparan dan seksama. Saya juga mencermati pernyataan Menlu Al Jubeir yang mengatakan bahwa Saudi akan menemukan semua fakta terkait," kata Menlu Retno saat menerima kunjungan Menlu Arab Saudi Adel Al-Jubeir di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Selasa 23 Oktober 2018.
 
"Indonesia sangat prihatin dengan apa yang menimpa Khashoggi. Indonesia juga menyampaikan duka cita untuk keluarga Khashoggi," lanjut Menlu Retno.
 
Sabtu pekan lalu, Arab Saudi menyatakan hasil awal investigasi menunjukkan Khashoggi tewas usai sempat terjadi perkelahian di dalam konsulat.
 
Baca juga: Staf Konsulat Beri Keterangan Terkait Jamal Khashoggi.
 
Namun, sejak awal hilangnya Khashoggi, Turki sudah menyebut bahwa Khashoggi dibunuh di dalam konsulat. Hal ini diutarakan juga oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
 
Sebelumnya, Juru Bicara Kemenlu RI Arrmanatha Nasir juga menyebutkan bahwa Indonesia prihatin dengan kasus ini. Indonesia juga berharap agar pelakunya ditangkap dan mendapatkan hukuman sesuai yang berlaku.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id