Ibu kota Kuala Lumpur sempat diliputi asap. (Foto: AFP)
Ibu kota Kuala Lumpur sempat diliputi asap. (Foto: AFP)

Kualitas Udara Memburuk, Selangor Tutup 29 Sekolah

Internasional kabut asap indonesia-malaysia
Sonya Michaella • 13 September 2019 11:18
Selangor: Pemerintah Negara Bagian Selangor, Malaysia memutuskan untuk menutup sementara 29 sekolah, hari ini, akibat kualitas udara yang semakin memburuk.
 
Memburuknya kualitas udara di Malaysia diklaim berasal dari kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan, Indonesia. Perdana Menteri Mahathir Mohamad dipastikan segera mengirim surat untuk Presiden RI Joko Widodo untuk menyampaikan keprihatinan terkait ini.
 
Kemarin, sekitar 45 sekolah di Selangor dan Pahang telah ditutup. Sekitar 100 ribu masker pun telah dikirim dari pemerintah pusat Malaysia untuk Penang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penutupan sekolah tidak akan mempengaruhi jadwal pelaksanaan ujian. Ini hanya penanganan awal dari kabut asap," sebut pernyataan dari Departemen Pendidikan Selangor, dikutip dari Strait Times, Jumat 13 September 2019.
 
Menurut Badan Lingkungan dan Udara Malaysia, tingkat kualitas udara di Negara Bagian Selangor, Pahang, dan Sarawak kini semakin memburuk.
 
Sebelumnya, Menteri Tenaga, Teknologi, Sains, Perubahan Iklim dan Alam Sekitar Malaysia Yeo Bee Yin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya sempat beradu argumen terkait karhutla ini.
 
Siti menilai, kebakaran hutan tak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di Malaysia.
 
Siti juga menolak klaim Singapura yang mengaku terkena imbas dari kebakaran hutan yang ada di Sumatra. Kualitas udara Singapura juga tercemar akibat kabut asap yang berasal dari Riau.
 
Menanggapi Siti, Yeo memaparkan data yang dirilis Pusat Meteologi ASEAN yang berbasis di Singapura di mana ada 474 titik api di Kalimantan dan 378 titik api di Sumatra. Sebagai perbandingan, hanya ada tujuh titik api di Malaysia.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif