Gedung Parlemen Hong Kong yang rusak diserbu para pedemo. (Foto: AFP).
Gedung Parlemen Hong Kong yang rusak diserbu para pedemo. (Foto: AFP).

Kepolisian Hong Kong Tangkap 13 Orang Terkait Kerusuhan

Internasional hong kong
Marcheilla Ariesta • 04 Juli 2019 11:55
Hong Kong: Kepolisian Hong Kong mengatakan telah menangkap 13 orang terkait kerusuhan awal pekan kemarin. Salah satu yang ditangkap adalah pria yang memecahkan jendela Gedung Parlemen.
 
Baca juga: Tiongkok Dukung Hong Kong Investigasi Perusakan Gedung Parlemen.
 
Pria tersebut diketahui bermarga Poon, ditangkap di Mong Kok. Dia dituduh melakukan tindakan kekerasan kepada polisi, dan perusakan gedung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dia juga ditangkap karena memaksa masuk ke Gedung Parlemen,” tutur seorang petugas polisi, dilansir dari the Washington Post, Kamis, 4 Juli 2019.
 
Selain itu, sebanyak 11 pria dan seorang perempuan ditangkap terkait dengan protes yang terjadi pada Senin, 1 Juli 2019 tersebut. Mereka dituduh melakukan beragam pelanggaran, termasuk mengancam dan melecehkan petugas kepolisian.
 
Pada Senin lalu, kerusuhan kembali pecah di Hong Kong. Massa menuntut agar pemimpin Hong Kong Carrie Lam turun dari jabatannya. Massa kemudian bentrok dengan polisi karena merangsek masuk ke Gedung Parlemen.
 
Pedemo memecahkan kaca jendela parlemen dengan troli besi yang berulang kali ditabrakkan ke kaca tersebut. Polisi yang berada di dalam Gedung Palemen juga melakukan perlawanan dengan memukulkan tongkat kayu dan menyemprotkan cairan merica ke arah pengunjuk rasa.
 
Keesokan harinya, Carrie Lam menyampaikan bahwa pemeintah Hong Kong mengutuk keras tindak kekerasan yang terjadi di sana. Dia mengatakan tuntutan pendemo untuk tidak melanjutkan pembahasan Rancangan Undang-Undang Ekstradisi telah dikabulkan.
 
RUU Ekstradisi itu memungkinkan pelaku kriminal diadili di Tiongkok. Para pemdemo menentang kebijakan ini.
 
Saat ini, kondisi di Hong Kong cukup kondusif. Terlihat warga mulai beraktivitas seperti biasanya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif